Waspadai Penyakit Mata Pada Bayi

Bayi sangat rentan sekali terkena berbagai macam penyakit. Infeksi atau serangan penyakit pada bayi bisa bersifat penyakit ringan dan bahkan bisa juga penyakit yang berat. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh pada bayi yang masih lemah dan belum sepenuhnya bisa menangkal semua serangan penyakit. Salah satu penyakit yang bisa terjadi pada bayi yaitu penyakit mata. Panca indera yang satu ini merupakan salah satu organ yang sangat sensitif apalagi ketika masih bayi, sehingga ketika terjadi sedikit saja gangguan maka akan sangat berakibat fatal pada mata bayi.

Waspadai Penyakit Mata Pada Bayi

Penyakit mata pada bayi bisa diakibatkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Infeksi tersebut bisa melalui tangan bayi ketika secara tidak sadar menyentuh matanya. Kebiasaan bayi yang menyentuh barang-barang atau mainan yang terkontaminasi bakteri atau virus memang sangat rentan akan terjadinya penyakit mata. Penyakit mata pada bayi juga bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin A. Sebagaimana yang kita tahu kalau vitamin A merupakan salah satu jenis nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata.

Selain itu, penyakit mata pada bayi bisa disebabkan oleh adanya paparan sinar radiasi dan kontaminasi dari debu ketika Anda mengajak bayi keluar rumah. Dalam hal ini peran orangtua sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan mata bayi agar bayi tidak mudah terinfeksi virus ataupun bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit terutama penyakit mata.

Mencegah penyakit mata pada bayi

Penyakit mata pada bayi bisa dicegah dengan selalu merawat dan menjaga kebersihan matanya. Biasakan untuk segera membersihkan mata bayi ketika ada belekan untuk mencegah terjadinya infeksi virus. Selain itu, Anda juga harus waspada dengan penyumbatan air mata pada bayi. Biasanya bayi sering mengalami penyumbatan air mata sehingga sangat beresiko terjadi penyakit mata. Ketika hal itu terjadi maka segera lakukan pemijatan pada area sekitar mata bayi untuk melancarkan kembali air matanya. Ketika mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah sebaiknya Anda melindungi mata bayi dengan penutup mata yang aman supaya bayi tidak terkena kontak langsung dengan debu yang bisa mengakibatkan penyakit mata.

Baca Juga:  Pemberian Air Putih Untuk Bayi, Apakah Tidak Bahaya?

Bayi belum mengerti dan menyadari dengan gangguan kesehatan yang terjadi pada dirinya sehingga dalam hal ini peran orangtua sangat penting. Kesehatan bayi atau anak-anak memang sangat tergantung dari bagaimana orangtua dalam merawat dan menjaganya. Kepekaan orangtua dalam mendeteksi hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan bayi atau anak-anaknya akan menjauhkan dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Selain itu, aspek lain yang tidak boleh dilupakan dalam menjaga bayi dari serangan penyakit adalah dengan memberinya asupan makanan yang mengandung gizi seimbang. Asupan gizi yang cukup akan membuat sistem kekebalan semakin meningkat sehingga akan mampu dalam menangkal dan melawan serangan penyakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517