Waspadai Penyakit Leukemia Pada Anak-Anak

Penyakit leukemia atau yang biasa disebut dengan penyakit kanker darah merupakan salah satu penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini termasuk kategori penyakit yang mengerikan dan bisa mematikan. Leukemia terjadi akibat adanya pertumbuhan yang tidak wajar pada sel darah putih sehingga menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali akan menekan pertumbuhan sel darah merah sehingga akan berakibat terjadinya hal yang tidak wajar pada tubuh.

Waspadai Penyakit Leukemia Pada Anak-Anak

Leukemia merupakan salah satu penyakit yang tidak mengenal usia. Penyakit ini bisa menyerang orang dewasa dan anak-anak. Pada kebanyakan kasus, leukemia lebih sering menyerang anak-anak. Biasanya anak yang terkena leukemia akan mengalami pendarahan dan terlihat pucat. Hal ini disebabkan oleh pembentukan sel darah yang normal dan sistem imunitas anak terganggu oleh pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali.

Gejala Leukemia Pada Anak dan Penyebabnya

Penyebab leukemia pada anak bisa diakibatkan oleh adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh anak, akibat paparan radiasi atau zat kimia berbahaya, pernah mengalami transplantasi organ dan terkena infeksi virus leukemia yaitu retrovirus. Selain itu, akan yang kembar identik dan saudaranya terkena leukemia maka sangat berpotensi dirinya terkena leukemia juga.

Gejala yang akan dirasakan oleh anak yang terserang penyakit leukemia yaitu:

  • Kekurangan sel darah merah dalam susmsum tulang belakang atau biasa disebut dengan Anak akan mudah lemas, lelah dan wajahnya terlihat pucat. Hal ini akibat dari sel darah merah yang terganggu sehingga pasokan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh jadi terganggu.
  • Anak yang terkena penyakit leukemia akan mengalami demam yang berkepanjangan. Kondisi ini disebabkan oleh sel darah putih yang tidak normal dan tidak sesuai fungsinya.
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening dan biasanya pembengkakan ini akan terlihat pada bagian leher, dada dan pada bagian ketiak anak.
  • Pertumbuhan sel darah putih yang abnormal akan menyebabkan anak mengalami rasa sakit pada tulang tanpa sebab apapun.
  • Penderita leukemia akan sangat mudah mengalami memar dan bahkan berdarah. Hal ini diakibatkan oleh pembekuan pada darah yang sangat rendah. Trombosit dalam darah sangat rendah sebagai akibat dari adanya kelainan sel darah putih tersebut. Selain itu, anak yang menderita leukemia akan sering mengalami mimisan, berta badannya menurun akibat dari nafsu makan yang berkurang, terjadi pendarahan pada gusi, muncul bintik-bintik merah pada kulit dan mengalmi sesak napas.

Tahapan penyakit leukemia pada anak

Stadium awal. Pada stadium paling awal penyakit leukemia ini akan di tandai dengan adanya sel dalam tubuh yang abnormal. Kemudian adanya leukemia pada stadium awal akan disadari ketika seorang anak sudah mengeluarkan darah. Ketika seorang anak yang menderita leukemia mengalami pendarahan maka akan sulit untuk di hentikan sebab darah sukar untuk membeku. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi anak karena akan kekurangan darah.

Stadium kedua. Tahapan ini merupakan tahap leukemia stadium lanjut. Pada stadium ini anak yang menderita leukemia akan mengalami pengobatan dengan fase yang berat. Pengobatan yang diberikan bisa berupa terapi yang bertujuan untuk mempersiapkan pasien menuju ke proses operasi. Tujuan dari operasi yaitu untuk mengangkat dan mencegah sel kanker tersebut sebelum menjalar ke seluruh tubuh.

Stadium ketiga. Pada stadium lanjut ini anak akan mengalami kekurangan sel darah merah atau leukemia yang disertai dengan pembengkakan dan benjolan pada organ tubuh tertentu. Selain itu, ada beberapa organ seperti jantung dan ginjal yang kana mengalami kelainan fungsi.

Stadium keempat. Anak yang menderita leukemia stadium keempat atau stadium akhir akan mengalami pendarahan dan terjadinya luka yang tidak wajar serta berlebihan. Pada stadium ini anak akan mengalami anemia yang sangat akut. Selain itu, penderita juga akan mengalami sesak napas dan sering terkena infeksi yang disertai dengan kerusakan organ vital yang semakin parah.

Mengetahui gejala penyakit leukemia pada anak sejak awal akan memudahkan dalam penanganan dan pengobatannya. Apabila gejala leukemia terdeteksi sejak awal maka kemungkinan untuk bisa sembuh sangat besar dan penanganannya juga tidak akan sulit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517