Waspadai Penyakit Ebola Dengan Pencegahan Sejak Dini

Penyakit ebola merupakan wabah global yang sangat berbahaya dan perlu diwaspadai. Ebola merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya dan berakibat fatal. Virus ebola bisa menginfeksi siapa saja. Virus berbahaya ini ditularkan melalui hewan yang kemudian menyebar pada manusia. Penularan penyakit ebola sangat mudah, apalagi jika menyentuh cairan dari penderita yang mengiadap penyakit tersebut.

Penularan virus ebola secara umum melalui kontak langsung dengan penderita. Anda harus mewaspadai ketika penderita batuk maka secara otomatis virus tersebut akan dengan mudah berpindah melalui udara. Kontak langsung dengan penderita ebola sebaiknya dihindari sebab resiko penularannya sangat tinggi.

Gejala penderita ebola hampir menyerupai penderita flu pada umumnya. Biasanya penderita ebola akan merasakan sakit kepala, demam, nyeri otot, muntah, diare dan sakit tenggorokan. Bahkan pada kondisi yang lebih parah akan mengalami pendarahan. Nah, gejala tersebut berlangsung hingga satu minggu sejak terinfeksi.

Wabah ebola sangat rentan menyerang mereka yang sering bepergian keluar Negeri. Selain itu, biasanya virus ebola menyerang penduduk yang tinggal di daerah terpencil dengan tingkat pengetahuan rendah terhadap kesehatan. Virus ebola bisa diatasi dengan baik jika mendapatkan perawatan yang tepat. Meskipun hingga saat ini antibiotik untuk mengobati penyakit ini belum ditemukan.

Mudahnya penyebaran virus ebola sudah sepantasnya perlu diwaspadai. Bahkan dokter yang bersentuhan langsung menangani penderita ebola harus melakukan proteksi diri mengingat virus tersebut sangat mudah menular. Bahkan ada kasus ebola di belahan dunia yaitu tepatnya di Afrika yang menginfeksi dokter akibat kurang proteksi saat menangani penderita penyakit tersebut.

Penanganan Ebola

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan pasien ebola. Kebanyakan penderita ebola diharuskan untuk diisolasi sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut. Virus yang menginfeksi penderita ebola tergolong jenis virus yang agresif sehingga penanganan dengan cara oral dan imunisasi belum ditemukan.

Salah satu cara untuk mencegah penularan ebola yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan penderita. Hindari bersentuhan dan menggunakan barang-barang yang digunakan oleh penderita penyakit ebola. Bahkan untuk dokter dan perawat sebaiknya menggunakan pelindung yang benar-benar aman.

Selain itu, penderita penyakit ebola sebaiknya tidak berhubungan seksual karena akan mempercepat penularan penyakit tersebut. Pasien ebola yang dinyatakan sembuh sebaiknya jangan dulu berhubungan seksual karena dikhawatirkan virus tersebut masih bia menular melalui sperma.

Pencegahan lain untuk ebola yaitu dengan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptic. Jika berkunjung ke rumah sakit sebaiknya gunakan sarung tangan dan masker yang memenuhi standar.

Dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari, hindari daging hewan yang dianggap berpotensi mengandung virus tersebut. Hindari mengkonsumsi daging setengah matang atau mentah. Pengolahan daging harus dilakukan hingga benar-benar matang untuk meminimalisir adanya virus berbahaya tersebut.

Related Posts

Share This