Waspadai Makanan Tak Sehat Penyebab Penuaan Dini

Bertambahnya usia menjadi tua tentunya sebuah hal yang pasti dialami oleh setiap orang karena sudah menjadi kodratnya. Namun jika proses penuaan terjadi pada usia yang terbilang cukup muda tentunya menjadi suatu hal yang menyeramkan. Penuaan dini akan menyebabkan penampilan tampak tidak menarik lagi sehingga hal ini banyak ditakutkan oleh setiap orang. Lalu apa saja penyebab penuaan dini?

Salah satu penyebab penuaan dini ternyata bisa berasal dari faktor makanan. Tidak bia dipungkiri bahwa makanan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Apa yang kita makan akan memberikan dampan positif dan negatif. Pemilihan jenis makanan memang menentukan kesehatan dalam jangka panjang.

Berikut Ini Beberapa Jenis Makanan Penyebab Penuaan Dini

Makanan Cepat Saji

Fast food atau makanan cepat saji memang menarik selera karena memiliki tampilan dan citarasa yang sangat lezat. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan tersebut tanpa menyadari bahaya yang akan ditimbulkan.

Pada dasarnya makanan cepat saji mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh karena bersifat sebagai lemak tak jenuh. Jika dikonsumsi secara terus menerus maka beresiko terhadap kerusakan sel-sel tubuh sehingga mempercepat terjadinya penuaan dini. Maka dari itu, batasi dan sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji mulai saat ini juga.

Alkohol

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa minuman yang mengandung alkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh dan akan emmicu berbagai penyakit mematikan. Bahkan konsumsi alkohol akan memicu terjadinya kerusakan sel-sel tubuh sehingga mempercepat penuaan. Alkohol merupakan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Makanan Penyebab Kenaikan Berat Badan

Makanan yang memicu terjadinya kenaikan berat badan sebaiknya Anda hindari karena bisa menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Makanan yang berlemak akan terhidrogenasi sehingga bersifat sebagai radikal bebas dan menjadi musuh bagi sel-sel tubuh. Hal ini akan memicu terjadinya kerusakan secara dini sehingga terjadi penuaan.

Minuman Bersoda

Selain minuman berlakohol, minuman bersoda juga sebaiknya Anda batasi konsumsinya karena berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa memicu terjadinya penuaan dini. Bahkan minuman bersoda menjadi penyebab utama timbulnya penyakit diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Makanan Yang Dibekukan

Makanan yang dibekukan memang cenderung awet sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Namun tahukah Anda jika makanan yang dibekukan bisa memicu gangguan kesehatan dan mempercepat penuaan dini.

Camilan Tinggi Kandungan Lemak dan Natrium

Meskipun camilan yang Anda konsumsi terbuat dari bahan dasar sayuran, namun tetap saja berbahay bagi kesehatan jika mengandung kadar garam tinggi. Makanan yang tinggi natrium dan lemak berpotensi menyebabkan penyakit kronis.

Lemak Jenuh Hewani

Makanan seperti daging sapi, susu, keju dan makanan berlemak lainnya yang berasal dari hewan menjadi salah satu penyebab munculnya penuaan dini. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena lemak hewani yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan bisa menghambat masuknya nutrisi yang dibutuhkan organ tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik.

Demikian beberapa jenis makanan yang bisa memicu terjadinya kerusakan sel-sel tubuh dan mempercepat penuaan dini. Sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsi makanan tersebut mulai saat ini juga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517