Waspadai Kebiasaan Berikut Karena Berpotensi Merusak Kesehatan Tulang dan Otot

Kesehatan tulang dan otot sangat penting untuk diperhatikan. Jika kesehatan tulang diabaikan maka beresiko terhadap pengapuran dan penyakit yang berpotensi menyebabkan patah tulang. Bahkan jika kesehatan tulang tidak dijaga dengan baik maka pada usia tua rentan mengalami osteoporosis. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk menjaga kesehatan tulang dan otot melalui pola hidup sehat.

Kepadatan tulang yang sangat bagus berada pada usia 20-an. Seiring dengan bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan secara perlahan mengalami penurunan sehingga rentan terhadap penyakit osteoporosis.

Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kebiasaan atau pola hidup yang buruk maka semakin rentan terhadap kerusakan tulang. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang memicu kerusakan tulang? Waspadai kebiasaan buruk berikut ini.

Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Nah, salah satu kebiasaan buruk yang memicu kerusakan tulang yaitu mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Perlu Anda ketahui bahwa minuman yang mengandung alkohol akan menghambat proses penyerapan kalsium dan vitamin D kedalam tulang. Hal inilah yang menyebabkan kepadatan tulang semakin berkurang.

Kurang Latihan Fisik

Olahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk menjaga kepadatan tulang. Jika kebiasaan tersebut tidak pernah Anda jalankan maka kemungkinan masa tulang akan mengalami penurunan dan rentan terhadap pengeroposan.

Rokok

Merokok juga ternyata menjadi salah satu kebiasaan buruk yang memicu kerusakan dan penurunan masa tulang. Kebiasaan merokok akan menghambat pembentukan tulang baru sehingga menyebabkan tulang lama memecah lebih cepat.

Kekurangan Vitamin D dan Kalsium

Kalsium dan vitamin D merupakan unsure penting dalam pembentukan tulang. Keduanya saling mendukung untuk menjaga kesehatan tulang. Maka dari itu, penuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium supaya terhindar dari resiko kerusakan pada tulang.

Kebiasaan Mengkonsumsi Soda

Minuman bersoda memang enak dan menyegarkan sehingga tidak mengherankan jika banyak orang menggemari minuman tersebut. Namun tahukah Anda ternyata minuman bersoda yang dikonsumsi secara terus menerus akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tulang.

Minuman Mengandunga Kafein

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi sebaiknya waspada sebab kafein pada kopi bisa menghambat penyerapan kalsium dan vitamin D. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan akan terjadi penurunan kepadatan tulang. Resikonya masa tulang akan menurun sehingga terjadi pengeroposan.

Gangguan Medis

Kebiasaan tidur tidak pada tempatnya atau tidur dalam posisi menekuk tubuh di kursi bisa memicu gangguan kesehatan secara medis. Nah, gangguan tersebut yang menjadi pemicu kerusakan pada tulang dan memicu pengeroposan tulang.

Nah, demikian beberapa kegiatan yang berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan pada tulang. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung kalsium. Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga masa dan kepadatan tulang Anda.

Related Posts

Share This