Waspadai Gejala Umum Tumor Otak

Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang bisa terbilang sangat berbahaya. Tumor otak terjadi karena adanya sel-sel abnormal yang berkembang pada otak sehingga mempengaruhi dan bahkan merusak kinerja dari otak. Tumor tersebut bisa berupa jenis tumor jinak maupun tumor ganas yang sangat berbahaya. Begitupun dengan gejalanya berbeda-beda sesuai dengan perkembangan tumor tersebut.

Biasanya gejala tumor yang muncul tergantung lokasi atau tempat tumor tersebut berada. Dengan kata lain, orang yang mengalami tumor ini akan merasakan gejala yang berbeda. Sebagai contohnya yaitu jika sel-sel tumor tersebut tumbuh pada bagian yang mengatur penglihatan dan gerak lengan maka gejala yang akan timbul myaitu penglihatan menjadi kabur dan lengan terasa lemas untuk digerakkan.

Tumor otak sebenarnya bisa diatasi dengan tuntas jika gejalanya dikenali sejak awal sebelum berkembang dan merusak sel-sel otak. Jika kondisinya sudah parah dan sel-sel tumor sudah menyebar ke bagian yang lain maka hal ini sangat sulit untuk mengatasinya dan memerlukan tindakan medis secara khusus.

Gejala tumor otak sebaiknya jangan diabaikan karena jika sudah berkembang maka sulit disembuhkan dan berisiko terhadap keselamatan jiwa penderitanya. Oleh karena itu ada baiknya jika mengenali gejala umum dari tumor otak sejak dini. Berikut ini beberapa gejala umum dari tumor otak yang sebaiknya Anda ketahui!

Kejang

Salah satu gejala umum dari kanker pada otak yaitu kejang. Hal ini karena ada saraf pada otak yang terganggu. Dengan catatan si penderita tidak memiliki riwayat penyakit epilepsy. Biasanya kejang yang terjadi yaitu pada hampir seluruh tubuh, namun bisa juga hanya pada beberapa bagian tubuh saja.

Mati Rasa

Gejala umum lainnya yaitu mati rasa pada salah satu bagian tubuh ataupun pada bagian wajah. Kondisi ini terjadi ketika tumor otak menyerang bagian otak yang berhubungan dengan saraf tulang belakang. Kondisi ini mungkin akan sangat mengganggu dan terasa sangat menyiksa bagi penderita tumor otak.

Gerakan Canggung

Canggung dan kikuk ketika melakukan aktivitas memang menjadi salah satu indikasi gejala dari penyakit tumor otak. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan kesulitan untuk menjaga keseimbangan dan juga kesulitan dalam berbicara dengan baik.

Mual

Hampir setiap penyakit memberikan efek samping mual, sama halnya dengan kanker otak. Jika mengalami mual dan disertai dengan beberapa gejala yang disebutkan pada poin sebelumnya maka hal ini sangat jelas bahwa Anda mengalami gejala tumor pada otak yang harus segera mendapatkan penanganan dengan sangat baik sebelum akhirnya berkembang menjadi lebih parah.

Penurunan Memori dan Kemampuan Berpikir

Karena tumor menyerang bagian sel-sel saraf pada otak maka akibatnya yaitu menyebabkan penurunan kemampuan berpikir. Seseorang yang terkena serangan kanker otak akan mengalami kemampuan berpikir yang rendah dan mengalami penurunan daya ingat. Dia cenderung kebingungan dan tidak bisa mengingat kejadian sebelumnya.

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan ringan yang bisa dialami oleh siapa saja. Namun waspdalah jika sakit kepala bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada otak yaitu tumor. Biasanya sakit kepala tak tertahankan akan dirasakan ketika tumor otak berkembang menjadi lebih besar.

Kemampuan Penglihatan Menurun

Pandangan kabur atau penglihatan ganda bisa dialami oleh mereka yang menderita serangan gejala kanker otak. Pandangan kabur terjadi akibat saraf-saraf yang menghubungkan otak dengan mata mengalami gangguan akibat pertumbuhan sel-sel kanker otak.

Demikian beberapa gejala tumor otak yang sebaiknya diwaspadai. Jangan menyepelekan gejala ringan tersebut sebelum akhirnya berkembang menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi.

Related Posts

Share This