Waspadai Beberapa Jenis Kanker Pada Anak

Kanker pada anak bisa menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menghambat tumbuh kembang anak. Perlu diketahui bahwa kanker adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menginfeksi siapa saja di segala usia termasuk anak-anak. Bahkan pada beberapa kasus, bayi juga bisa terkena penyakit kanker. Adapun penyebab kenapa sel-sel tubuh bisa terkena kanker hingga saat ini memang belm diketahui secara pasti.

Kanker bisa berasal dari kebiasaan hidup sehari-hari, salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan. Konsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan sel-sel kanker tumbuh secara tidak terkendali. Terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung zat karsinogenik. Hal ini akan menyebabkan sel-sel kanker didalam tubuh bereaksi dan berkembang menjadi ganas.

Ada beberapa jenis kanker yang bisa terjadi pada anak-anak sehingga menghambat tumbuh kembang anak. Apa saja jenis kanker tersebut? Berikut ini beberapa jenis kanker yang terjadi pada anak!

  1. Neuroblastoma

Neuroblastama merupakan salah satu jenis kanker myang terjadi pada sistem saraf. Neuroblastama itu berbentuk seperti tumor padat yang bisa timbul di beberapa bagian tubuh. Biasanya seringkali muncul pada bagian perut anak. Infeksi kanker ini akan membuat perut anak menjadi keras dan padat ketika diraba.

  1. Leukimia

Kanker darah atau leukimia adalah salah satu kanker yang paling banyak dijumpai dan menginfeksi anak-anak. Leukimia merupakan kanker cair yang merusak sel-sel darah. Kanker darah ini sangat berbahaya, selain menghambat tumbuh kembang anak, kanker ini juga bisa berisiko menyebabkan kematian pada anak jika tidak mendapatkan penanganan dengan cepat.

  1. Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah kanker yag menginfeksi bola mata dan biasanya paling sering menyerang anak-anak. Biasanya anak yang terkena Retinoblastoma akan terlihat seperti mata kucing, mata juling dan merah. Retinoblastoma akan menimbulkan benjolan pada mata.

  1. Kanker Indung Telur

Walaupun sangat jarang terjadi, namun kanker indung telur bisa menginfeksi anak-anak perempuan. Bahkan anak berusia sekolah dasar dan SMP bisa terkena kanker indung telur. Hal ini tentunya perlu diwaspadai oleh setiap orangtua untuk memantau kesehatan anak setiap saat.

  1. Kanker Hati dan Ginjal

Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kanker ginjal dan hati. Biasanya perut anak akan terasa sakit dan ketika diraba terdapat benjolan yang keras. Waspada bila si anak selalu mengeluh perut sakit. Bisa jadi hal tersebut adalah gejala kanker.

  1. Kanker Tulang

Kanker tulang juga rawan menyerang anak-anak. Jika biasanya kanker tulang menyerang orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena kanker tulang. Bahkan kanker tulang bisa menyebar hingga ke paru-paru anak. Sangat mengerikan tentunya, sebaiknya kesehatan anak lebih dijaga dan diperhatikan dengan baik.

Nah, demikian beberapa jenis kanker yang mungkin terjadi pada anak. Waspadailah kanker yang mungkin menyerang anak-anak. Jagalah kesehatan anak dengan memberikan asupan makanan yang bergizi, jangan biasakan anak mengkonsumsi junkfood karena itu salah satu penyebab kanker.

Selain itu, untuk mencegah timbulnya kanker, senantiasa ajarkan pada anak untuk hidup bersih dan ajak si kecil untuk berolahraga. Dengan hidup sehat maka kemungkinan sel kanker untuk berkembang sangatlah kecil. Kanker pada anak sangat berisiko terhadap tumbuh kembangnya. Jangan menyepelekan masalah kesehatan ini karena akan sangat berbahaya untuk tumbuh kembang anak. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda sebagai upaya untuk mencegah infeksi kanker pada anak. Jaga selalu kesehatan anak sebelum akhirnya membahayakan masa depan anak.

Related Posts

Share This