Waspadai Bahaya Gula Untuk Kesehatan Anda

Makanan yang mengandung gula memang menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya saja cokelat, permen, cake dan jenis makanan manis lainnya seringkali menjadi makanan favorit. Apabila Anda salah satu dari sekian banyak orang yang menyukai makanan manis, maka sebaiknya mulai saat ini membatasi asupan makanan manis. Mengapa demikian? Hal ini karena bahaya gula untuk kesehatan sangat fatal.

Seperti yang kita ketahui bahwa asupan makanan manis dengan kandungan gula tinggi bisa memicu resiko obesitas, diabetes, sakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan manis, hanya saja bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit berbahaya maka sebaiknya membatasi asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

  • Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Salah satu alasan supaya Anda membatasi asupan makanan manis tinggi kandungan gula yaitu karena bisa melemahkan sistem imun tubuh. Disamping itu, dari hasil studi membuktikan bahwa pH tubuh yang rendah akibat tingginya kadar asam dari gula bisa memicu timbulnya sel-sel kanker yang iterbilang mematikan.

  • Memicu Penuaan Dini

Kadar gula tinggi yang masuk kedalam darah akan bereaksi dengan protein sehingga terjadi proses glycation  atau terbentuknya molekul baru yang disebut AGE (Advanced Glycation End). Konsumsi gula yang terlalu banyak maka akan menyebabkan molekul AGE semakin banyak terbentuk. Nah, kondisi tersebut tentunya akan membawa dampak negatif bagi tubuh.

Jaringan tubu yang paling rentan terkena dampak dari AGE yaitu elastin dan kolagen. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis protein tersebut berguna dalam menjaga elastisitas kulit. Jika banyak gula yang masuk kedalam tubuh maka hal ini akan menggangu sehingga menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan dini.

  • Mood Tidak Stabil

Makanan manis bisa memperbaiki mood menjadi lebih baik sebenarnya bukanlah sebuah pernyataan yang tepat. Justru terlalu banyak asupan makanan manis akan menyebabkan mood tidak stabil yaitu naik turun. Hal ini karena ketika makanan dengan kadar gula tinggi masuk kedalam tubuh maka akan menyebabkan kadar gula naik secara drastis dan akan turun lagi dengan cepat karena gula mudah untuk dihancurkan. Nah, kondisi tersebut yang menyebabkan mood naik turun.

Itulah sebagian kecil dari bahaya gula untuk kesehatan Anda. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula terlalu sering akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, serangan jantung dan jenis penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, batasi asupan makanan yang mengandung gula supaya tubuh Anda senantiasa sehat. Supaya tidak terjadi penumpukan gula di dalam tubuh sebaiknya lakukan aktivitas fisik secara rutin sehingga bisa berkeringat. Biasakan lari pagi atau jenis olahraga lain yang menyebabkan tubuh berkeringat. Dengan begitu maka Anda akan senantiasa sehat dan jauh dari penyakit. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This