Waspadai 6 Bahaya MSG Bagi Ibu Hamil

Bahaya MSG bagi ibu hamil. MSG, singkatan dari Monosodium Glutamate, merupakan salah satu bahan dapur yang berfungsi untuk menyedapkan rasa. MSG ini diketahui mampu memicu berbagai masalah kesehatan jika di konsumsi dalam jangka panjang.

Bukan hanya itu, ternyata MSG ini juga akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu hamil jika di konsumsi semasa kehamilan. Bukan hanya mempengaruhi kesehatan ibu hamil, namun juga janin dalam kandungan. Dan hal tersebut merupakan salah satu bentuk bahaya kehamilan.

Nah, di bawah ini ada beberapa dampak negative pada kesehatan kehamilan dari hasil mengkonsumsi penyedap rasa atau MSG selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Perkembangan otak

Mengkonsumsi MSG semasa kehamilan juga bisa memicu degnerasi sejumlah sel otak atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Masalah jantung

Selain itu, mengkonsumsi MSG dalam jumlah yang banyak selama kehamilan juga bisa menyebabkan sakit atau nyeri di bagian dada, tekanan darah yang tinggi, keadaan denyut nadi yang tinggi, bahkan bisa memicu serangan jantung pada ibu hamil.

Mengapa demikian? Karena selama masa kehamilan, umumnya para ibu hamil memiliki tekanan yang berlebihan pada jantung.

  1. Berbahaya bagi sistem saraf

MSG juga memiliki kandungan glutamate yang sangat berbahaya untuk kesehatan sistem syaraf, terutama pada ibu hamil. Bahkan, ketika ibu hamil mengkonsumsi glutamate sebanyak 10% saja, maka kandungan tersebut bisa merusak sistem syaraf ibu hamil bahkan janin dalam kandungan.

  1. Penyakit kronis yang parah

MSG juga bisa menyebabkan bahkan memperburuk penyakit yang konis pada ibu hamil, misalkan seperti tiroid, asma, diabetes dan alergi yang terjadi pada ibu hamil juga janin yang ada did alam kandungan.

  1. Obesitas

Sejumlah bahan-bahan yang terdapat di dalam MSG atau penyedap rasa ternyata juga memiliki efek buruk terhadap kelenjar pankreas. Apakah Anda tahu, kalau kelenjar ini memiliki fungsi untuk melepaskan cairan tertentu? Nah, ketika tengah berfungsi, maka keadaan ini bisa membuat orang merasa lapar serta makan secara berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan obesitas.

  1. Berbahaya untuk mata

MSG juga memiliki efek negative yang sangat merugikan untuk sistem penglihatan Anda. Mengapa? Dikarenakan MSG juga bisa merusak bagian retina mata kita. Bahkan pada kasus yang berat, kandungan yang di temukan yang ada di dalam penyedap rasa atau MSG juga bisa menyebabkan kebutaan terhadap mata.

Nah, itulah beberapa efek bahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan ketika mengkonsumsi MSG atau penyedap rasa. Oleh karena itu, selama Anda menjalankan masa kehamilan, maka Anda dianjurkan untuk memperbanyak olahraga ringan serta menyertainya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran yang segar.

Related Posts

Share This