Waspadai 5 Penyebab Batuk Pada Anak yang Mirip Asma

Batuk pada anak. Asma merupakan salah satu penyebab umum dari sejumlah penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan serta penyebab utama batuk pada anak atau bahkan orang dewasa. Namun, walaupun asma ini merupakan penyebab umum dari berbagai gejala pernapasan, namun tidak setiap batuk, mengi atau bahkan sesak napas yang di alami oleh si kecil merupakan asma.

Karena memang ada beberapa penyebab lainnya yang memang bisa menyebabkan si kecil menjadi batuk, diantaranya yaitu bronchitis, tracheomalica dan masih banyak lagi. Dan di bawah ini ada beberapa penyebab batuk pada anak yang memang harus Anda waspadai yang memang hampir mirip dengan asma, yaitu sebagai berikut:

1. Bronchitis Kronis purulen (bakteri)

Bronkitis kronis purulen merupakan entitas yang memang tidak diperhitungkan bahkan sangat jarang didiagnosis. Dan jenis penyakit ini merupakan salah satu penyebab batuk pada anak yang memang harus Anda waspadai dengan sangat serius. Karena jika bronchitis yang di alami si kecil tidak segera di atasi, maka batuk yang di alami anak-anak akan berlangsung lama dan berbahaya untuk kesehatan si kecil.

2. Tracheomalacia

Penyebab batuk pada anak yang lainnya yaitu karena adanya proses perlunakan cincin tulang rawan trachea. Dan umumnya, batuk ini di sebabkan oleh setidaknya 2 mekanisme yang mana di akibatkan oleh pendukung serta bronchomalacia.

3. Batuk karena Pertusis

Batuk perturis juga di kenal sebagai batuk 100 hari, yang mana jenis batuk ini bisa menyebabkan batuk yang berkepanjangan. Selain batuk yang berkepanjangan, jenis batuk ini juga di yakini merupakan salah stau penyakit batuk yang menular. Selain itu, pertussis ini juga harus Anda waspadai jika batuk yang di alami si kecil berlangsung lebih dari 2 minggu, terutama pada mereka yang memang tidak memiliki riwayat asma atau bahkan penyebab lainnya dari batuk kronis.

4. Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis ini merupakan penyakit kronis inflamasi saluran pernapasan kedua selain asma. Walaupun mekanisme dari peradangan saluran pernapasan terhadap kedua penyakit ini berbeda, namun umumnya jenis penyakit ini bisa menyebabkan susahnya jalan pernapasan, batuk, mengi juga dyspnea.

5. Primary Ciliary Dyskinesia

Primary ciliary dyskinesia, merupakan penyakit yang langka namun tetap harus di perhatikan jika batuk yang di alami si kecil berlangsung terus-menerus hampir sejak lahir, dan penyakit ini umumnya berkaitan dengan otitis media kronis.

6. Bronchomalacia dari lobus kanan atas (A) dan batang utama kanan (B)

Bronko Malacia ini adalah salah stau bentuk degenerasi serta adanya jaringan penyangga serta jaringan elastin dari bronkus yang memang juga bisa menjadi penyebab terjadinya batuk pada anak.

7. Habit-Cough Syndrome

Sindrom dari kebiasaan batuk ini merupakan salah satu bentuk gangguan terhadap permasalah yang umumnya di perlakukan seperti asma yang memang kerap kali bisa menyebabkan morbiditas dan pengobatan tidak efektif. Manifestasi klasik sindrom kebiasaan-batuk ini juga adalah seseorang yang memiliki kebiasaan mengalami batuk keras, seperti menggonggong, serta terjadinya batuk berulang yang berlangsung setiap per menit selama berjam-jam.

Related Posts

Share This