Waspadai 3 Jenis Kanker Anak Berikut Ini

Kanker anak merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menghambat tumbuh kembangnya. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh masih rendah jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini tentunya tidak mengherankan jika anak-anak rentan terserang infeksi penyakit.

Akibat sistem kekebalan tubuh yang masih rendah tersebut maka si kecil rentan terserang penyakit dari mulai kategori rendah seperti demam atau flu hingga penyakit yang serius seperti kanker. Penyakit kanker pada anak memang harus diwaspadai dan jika terlanjur terjadi maka harus segera ditangani dengan baik.

Gangguan kesehatan pada anak rentan menyebabkan defisiensi nutrisi sehingga beresiko terhadap gangguan pertumbuhan. Lalu apa saja jenis penyakit kanker yang rentan menyerang anak-anak? Berikut ini penjelasannya.

Berikut 3 Jenis Penyakit Kanker Yang Rentan Menyerang Anak-anak

  1. Leukimia

Leukimia atau biasa disebut dengan kanker darah merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak . Adapun salah satu faktor penyebab kanker darah pada anak yaitu radiasi, kemoterapi, kelainan genetic ataupun paparan radiasi ketika masih dalam kandungan.

Gejala kanker darah pada anak ditandai dengan gejala demam, sering pusing, sistem imun tubuh menurun, sering berkeringat pada malam hari dan tingkat infeksi meningkat. Gejala tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba dan sebagian orang menganggapnya sebagai gangguan kesehatan ringan.

  1. Kanker Otak

Masalah kesehatan selanjutnya yang rentan menyerang anak-anak yaitu kanker otak. Jenis kanker ini sangat berbahaya dan sangat mematikan jika tidak segera ditangani dengan baik. Hal ini karena kanker tersebut menyerang pusat kendali tubuh.

Gejala kanker otak pada anak biasanya ditandai dengan sering mual, muntah, mengalami masalah keseimbangan tubuh, sulit berjalan, gangguan fungsi panca indera dan sakit kepala berkepanjangan. Keluhan tersebut harus segera ditangani dengan baik sebelum akhirnya menjadi gejala yang semakin parah dan sulit disembuhkan.

  1. Limfoma

Jenis kanker selanjutnya yaitu limfoma atau kanker kelenjar getah beningm amandel, limfa, kelenjar gondok dan sumsum tulang belakang. Kanker ini memang rentan menyerang anak-anak mengingat sistem imun anak masih rendah.

Gejala dari kanker ini yaitu diantaranya batuk-batuk, susah bernafas, penurunan berat badan,nafas berdesir, sulit menelan makanan dan terjadi pembesaran pada bagian kepala dan tubuh atas. Terkadang gejala tersebut akan menurunkan nafsu makan anak sehingga berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Nah, demikian beberapa jenis kanker yang rentan menyerang anak-anak dan eprlu diwaspadai. Untuk mencegah infeksi kanker pada anak maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan asupan makanan yang bergizi, terutama makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Contohnya seperti buah-buahan dan sayuran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517