Waspada Serangan Gejala Awal Penyakit Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang dianggap berbahaya dan bisa datang secara tiba-tiba. Penyakit ini muncul akibat pola hidup yang tidak sehat sehingga sistem kardiovaskuler terganggu atau dengan kata lain sirkulasi darah terhambat tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Penyakit stroke bisa terjadi dengan gejala ringan hingga parah.

Transient Ischemic Attack (TIA) atau penyakit stroke ringan sebaiknya jangan dianggap sepele. Stroke ringan merupakan salah satu indikasi adanya gangguan pada pembuluh darah yang ada di otak. Stroke ringan bisa berkembang menjadi gejala stroke yang berat dan parah yang mengakibatkan cacat dan bahkan parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Sebagai upaya untuk mengatasi serangan stroke berat maka sebaiknya kenali gejalanya dengan cara yang tepat. Ada metode yang bisa diterapkan dalam upaya untuk mengatasi serangan stroke. Metode yang bisa digunakan untuk mengenali gejala stroke yaitu metode FAST (Face, Arms, Speech and Time).

Face (wajah)

Nah, salah satu metode untuk mengenali gejala stroke yaitu melalui wajah. Biasanya stroke menyerang bagian wajah. Cara mendeteksinya yaitu dengan menyuruh orang yang diduga stroke untuk tersenyum. Jika bagian wajah dan mulut tidak simetris ketika sedang senyum maka hal ini poerlu diwaspadai adanya serangan stroke.

Arms (lengan)

Langkah selanjutnya yaitu dengan menyuruh orang yang diduga stroke untuk mengangkat kedua lengannya selama beberapa menit. Nah, jika salah satu bagian lengan turun dan tidak bisa diangkat maka hal ini kemungkinan ada indikasi stroke ringan.

Speech (bicara)

Biasanya stroke juga akan mempengaruhi gaya bicara seseorang akibat adanya gangguan pada otak. Nah, jika seseorang bicara tidak jelas dan melantur atau bahkan keusahan untuk bicara dengan baik maka waspadalah karena adanya indikasi stroke ringan.

Time (waktu)

Waktu adalah salah satu hal yang sangat berarti untuk kesehatan otak. Kerusakan pada otak bisa berkembang dengan cepat seiring dengan bertambahnya waktu. Sebaiknya jika seseorang emngalami gejala stroke segeralah bawa ke dokter. Meskipun terkadang gejala tersebut hilang namuan sebaiknya jangan diabaikan.

Beberapa Gejala Lain Penyakit Stroke Ringan

Selain mengenali gejala penyakit stroke seperti yang disebutkan diatas. Ada beberapa gejala lain dari stroke ringan diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Seseorang yang mengalami serangan stroke ringan biasanya kesulitan untuk berbicara dan memahami sesuatu.
  2. Mati rasa pada bagian wajah, kaki dan lengan. Yang paling umum dan biasa terjadi adalah mati rasa hanya pada sebelah bagian tubuh saja.
  3. Gejala lainnya yaitu kesulitan untuk berjalan, merasa pusing dan tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan baik.
  4. Kesulitan melihat pada salah satu atau kedua bagian mata.
  5. Sering mengalami sakit kepala yang terbilang cukup parah dan tidak diketahui apa penyebabnya.

Nah, demikian beberapa gejala serangan penyakit stroke ringan yang sebaiknya jangan disepelekan karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan dab bisa berkembang menjadi gejala yang lebih parah. Sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi. Jika segera ditangani dengan baik maka kemungkinan untuk sembuh sangat besar.

Untuk menghindari serangan penyakit stroke sebaiknya hindari pola hidup yang tidak sehat. Mulailah untuk menerapkan kebiasaan sehat dengan konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga supaya sirkulasi darah tetap lancar dan rutin periksakan kondisi kesehatan ke dokter. Sebenarnya sangat mudah untuk menghindari segala macam penyakit. Hanya saja banyak yang malas untuk menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517