Waspada Penyakit Kewanitaan Bisa Menjadi Penyebab Kanker Ovarium

Penyakit kewanitaan sangat berbahaya bagi wanita, terutama bagi kesuburan. Masalah kesehatan pada wanita bisa timbul akibat tidak memperhatikan faktor kebersihan sehingga memicu infeksi bakteri atau jamur. Salah satu masalah kesehatan pda wanita yang sering diperbincangkan yaitu kanker ovarium. Masalah kesehatan yang satu ini memang terbilang sangat berbahaya dan mematikan jika tidak segera ditangani.

Gejala kanker ovarium memang sulit untuk dideteksi sejak awal. Banyak wanita yang baru menyadari terkena kanker ovarium setelah memasuki stadium lanjut melalui pemeriksaan dokter. Pemicu timbulnya kanker ovarium tidak lain yaitu pola hidup atau kebiasaan sehari-hari. Secara umum, kanker bisa timbul akibat perilaku buruk sehari-hari seperti kebiasaan jarang olahraga, mengkonsumsi makanan tidak sehat, kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.

Berikut Gejala Kanker Ovarium Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Berat Badan Meningkat Drastis

Wanita yang terkena infeksi kanker ovarium cenderung memiliki sistem metabolisme yang lambat sehingga terjadi peningkatan berat badan secara drastis. Bahkan wanita yang sebelumnya menderita obesitas cenderung rentan terkena kanker tersebut. Sebab salah satu pemicu timbulnya kanker ovarium adalah obesitas.

Periode Menstruasi Tidak Teratur

Sebaiknya Anda waspada ketika periode menstruasi tidak teratur. Produksi testosterone yang berlebih bisa memicu kista pada ovarium. Pertumbuhan kista tersebut yang menghambat proses menstruasi. Lama kelamaan kista akan berkembang menjadi kanker ovarium yang terbilang cukup ganas.

Rambut Rontok

Ladies, sebaiknya jangan mengabaikan rambut rontok sebab hal ini bisa menjadi salah satu indikasi kanker ovarium. Apabila Anda mengalami rambut rontok secara terus menerus danĀ  sulit untuk diatasi maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Rambut rontok diluar kewajaran beresiko terhadap masalah reproduksi.

Jerawat

Jerawat mungkin dianggap sebagai masalah kulit yang wajar. Akan tetapi jerawat tidak boleh dianggap sepele karena mungkin saja indikasi adanya kanker ovarium. Indikasi adanya kanker ovarium biasanya ditandai dengan jerawat yang bertahan lama dan muncul sebelum periode menstruasi. Biasanya jerawat tersebut sulit untuk hilang. Kondisi ini tentunya tidak boleh disepelekan dan harus diwaspadai dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Untuk mencegah penyakit kanker, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter. Selain itu, terapkan pola hidup sehat, penuhi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga dan jauhi segala hal buruk yang bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Pencegahan dini merupakan cara terbaik untuk mencegah infeksi kanker ovarium. Penanganan setelah adanya infeksi membutuhkan waktu lama dan tentunya biasa yang besar. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat mulai sekarang juga. Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai sehingga harus dijaga dengan baik dan jangan pernah mengabaikannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This