Waspada!! Penyakit Ini Bisa Timbul Akibat Sering Makan Mie Instan

Anda penggemar mie instans? Berapa kali dalam seminggu makan mie instan? Banyak orang yang menggemari mie instan, terlebih lagi ketika cuaca sedang dingin dan hujan maka makanan yang instan menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain penyajiannya yang mudah dan ptaktis, mie instan juga memiliki sensasi rasa yang membuat lidah ketagihan. Sudah menjadi tradisi yang sangat unik yaitu makan mie instan rebus dengan campuran telur dan sayuran ketika cuaca sedang hujan. Bahkan mie instan dianggap sebagai salah satu mood booster.

Walaupun banyak orang yang menyadari bahwa mengkonsumsi mie instan itu tidak baik, namun penggemar mie instan nampaknya tidak gentar. Padahal sebenarnya ada beberapa jenis penyakit yang bisa muncul akibat sering makan mie instan. Jenis penyakit atau gangguan kesehatan ini sangat berisiko sekali. Apa saja jenis penyakit tersebut?

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Akibat Kebiasaan Makan Mie Instan

  1. Merusak Pencernaan

Salah satu gangguan kesehatan akibat sering mengkonsumsi mie instan yaitu gangguan dan masalah pada pencernaan. Menurut hasil riset menunjukan bahwa mengkonsumsi mie instan bisa menyebabkan sembelit, sakit perut, diare, kembung, asam lambung naik, dan gangguan lainnya pada lambung yang bisa sangat berbahaya.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Kandungan natrium pada mie instan bisa menyebabkan tekanan darah naik. Selain itu timbul gangguan kesehatan lains eperti gangguan pada ginjal dan juga resistensi cairan di kaki dan tangan. Bahkan risiko ini akan meningkat bagi penderita tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Metabolisme Tubuh

Tidak mengherankan jika banyak yang makan mie instan mengalami kegemukan yang tak terkendali. Mengapa demikian? Hal ini karena mie instan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Selain itu, akibat makan mie instan terjadi akumulasi racun didalam tubuh akibat penumpukan dari zat pewarna, pengawet dan juga penambah rasa.

  1. Memicu Kanker

Adanya kandungan zat pengawet, pewarna, ataupun perasa buatan akan terakumulasi didalam tubuh sehingga hal ini memicu perkembangan sel-sel kanker yang membahayakan  tubuh. Bahkan sebaiknya Anda mewaspadai mie instan yang dikemas dalam cup sebab lebih berisiko daripada mie instan biasa.

  1. Berat Badan Meningkat

Kandungan utama mie instan yaitu karbohidrat. Selain itu didalam mie instan juga mengandung berbagai macam zat adiktif yang semuanya bisa memicu kadar gula melonjak sehingga menyebabkan penimbunan lemak. Tidak mengherankan jika kebiasaan konsumsi mie instan mengakibatkan kenaikan berat badan secara drastis.

  1. Kerusakan Liver

Dampak buruk selanjutntya akibat kebiasaan  konsumsi mie instan yaitu kerusakan pada liver. Hal ini karena mie instan mengandung zat anti beku atau humektan yang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga liver. Bahkan kandungan propilen glikol pada mie instan bisa mengakibatkan terjadinya penurunan daya tahan tubuh.

  1. Bahaya Lainnya

Kandungan MSG pada bumbu mie instan bisa memicu terjadinya kerusakan ginjal, otak dan beberapa organ vital lainnya. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi mie instan dibatasi dan jangan terlalu sering.

Nah, demikian beberapa gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai akibat keseringan makan mie instan. Mengkonsumsi mie instan tidak ada larangan dan setiap orang memiliki hak untuk mengkonsumsinya. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah kesehatan tubuh Anda. Jika ingin sehat tentunya sebisa mungkin harus memberikan asupan makanan sehat untuk tubuh. Bersikap bijaklah dalam memilih dan membedakan makanan yang baik dan tidak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517