Waspada Penyakit Cacingan Pada Anak!

Penyakit cacingan sangat rentan menyerang anak-anak dalam usia pertumbuhannya. Hal ini karena si kecil belum memiliki sistem imun yang cukup kuat untuk melawan setiap penyakit yang berasal dari luar tubuh. Selain itu, anak-anak belum mengerti pentingnya kebersihan sehingga penyakit cacingan dengan mudah menginfeksi melalui makanan.

Cacing bisa masuk kedalam tubuh si kecil melalui berbagai cara seperti melalui makanan, kemudian masuk kedalam pembuluh darah atau berkembang di saluran pencernaan. Jenis cacing yang umum menyerang manusia diantaranya yaitu cacing kremi, cacing tambang dan cacing pita.

Bahkan cacing gelang yang masuk kedalam tubuh akan menetap dibagian dinding usus serta berkembangbiak membentuk sebuah koloni. Nah, cacing tersebut akan merebut dan emnyerap sari-sari makanan melalui dinding usus. Dampaknya yaitu si kecil kekurangan gizi dan perkembanganya terganggu.

Sedangkan jenis kcacing kremi biasanya menyerang bagian dubur sehingga menyebabkan gatal. Jika infeksi berbagai jenis cacing tidak segera ditangani dengan lbaik maka bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti anemia dan gangguan pertumbuhan.

Gajala-gejala umum yang tampak ketika si kecil terkena infeksi cacing yaitu nafsu makan menurun, pertumbuhan terhambat sehingga si kecil terlihat kurus. Bagian perut buncit, diare, demam, mual, muntah , lems dan keluhan sakit perut.

Adapun gejala lainnya yaitu timbulnya gejala anemia sehingga si kecil terlihat pucat akibat hemoglobin darah berkurang. Selain itu si kecil mengalami batuk berkepanjangan disertai sesak nafas akibat adanya infeksi cacing diagian saluran pernafasan.

Apabila si kecil mengalami gejala cacingan maka sebaiknya berikan obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Apabila anak Anda berada diabwah usia dua tahun maka sebaiknya bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Jangan menyepelakan gejala cacingan karena bisa berdampak terhadap pertumbuhannya.

Tips Mencegah Cacingan Pada Anak

  1. Ajarkan kebiasaan supaya si kecil rajin untuk mencuci tangan sebelum menyentuh makanan atau setelah buang air. Cara cuci tangan yang baik menggunakan sabun patut Anda ajrkan pada anak sejak usia dini.
  2. Perhatikan juga bahan makanan yang anak Anda berikan untuk si kecil. Bahan makanan mentah sebaiknya dicuci menggunakan air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan telur cacing yang mungkin menempel pada makanan.
  3. Saat si ekcil bermain di luar rumah maka usahakan untuk menggunakan sandal atau sepatu. Cuci tangan dan kaki si ekcil setelah bermain di luar rumah untuk menghindari telur cacing yang menempel dibagian tangan.
  4. Pada proses pengolahan makanan pastikan diolah dengan matang sempurna sehingga resiko penularan telur cacing sangat kecil.
  5. Perhatikaan perawatan kebersihan kuku si kecil karena bagian tersebut tempat yang paling rentan terdapat telur cacing.

Nah, itulah cara penanganan dan pencegahan penyakit cacingan pada anak. Pada dasarnya faktor kebersihan adalah aspek penting untuk mencegah penyakit cacingan pada anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517