Waspada Penyakit Berbahaya Yang Disebarkan Lewat Toilet

Hasrat untuk buang air kecil ataupun BAB bisa terjadi kapan saja, tanpa mengenal waktu dan tempat dimana kita berada. Bahkan ketika Anda sedang bepergian jauh dari rumah seringkali merasakan desakan untuk buang air kecil. Dalam kondisi seperti ini mau tidak mau yang menjadi pilihan adalah pergi ke toilet umum yang ada di sekitar kita.

Namun, terkadang ada hal yang sangat disayangkan dari toilet umum yaitu segi kebersihannya. Tidak heran jika toilet umum terlihat sangat kotor, banyak tisu bekas berceceran dan bahkan dudukan toilet sangat kotor dan jorok. Kondisi tersebut tentunya akan membuat kita berpikir ulang dalam menggunakannya jika saja tidak terdesak.

Toilet yang tidak bersih memang sangat rentan memicu penyakit berbahaya. Kuman dan bakteri sebagian besar berada di toilet. Penggunaan toilet umum sebenarnya sangat rentan terhadap penularan penyakit. Dalam hal ini sebaiknya kita lebih berhati-hati supaya bakteri yang berasal dari toilet tidak menempel pada tubuh yang berujung penyakit.

Kondisi toilet yang kotor bisa menyebarkan berbagai penyakit berbahaya. Apa saja jenis penyakit yang bisa disebarkan melalui toilet? Berikut simak penjelasan terkait jenis penyakit yang kemungkinan besar sangat mudah ditularkan berasal dari penggunaan toilet umum.

Hepatitis A

Nah, salah satu jenis penyakit yang mungkin akan ditularkan melalui toilet yaitu hepatitis A. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis penyakit ini tergolong sangat berbahaya jika menginfeksi tubuh. Hepatitis A rentan menginfeksi jika kita seringkali menggunakan toilet umum yang kotor.

Gejala dari penyakit hepatitis A yaitu kram perut, mual dan demam. Jenis virus ini berasal dari kotoran orang yang mengidap infeksi hepatitis A. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan toilet umum.

Infeksi Streptococcus

Streptococcus merupakan salah satu jenis bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Jenis bakteri tersebut bisa menjangkit tubuh akibat penggunaan toilet umum yang super kotor. Jenis infeksi penyakit ini biasanya berupa demam, radang tenggorokan dan mengakibatkan kulit memerah.

Bahkan infeksi bakteri streptococcus bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi saluran atau juga kandung kemih. Wah ngeri banget yaa..

Pilek dan Flu

Kebersihan toilet umum yang terabaikan akan membuat imun tubuh kita sangat mudah terserang oleh bakteri dan virus. Disaat Anda terkena flu atau pilek setelah menggunakan toilet umum, maka tidak perlu heran sebab jenis virus flu dan pilek bisa disebarkan melalui toilet umum yang kotor.

Infeksi E-coli

E-coli merupakan bakteri yang berbahaya dan bisa memicu berbagai penyakit. Bakteri jenis ini bisa ditemukai di toilet yang kotor. Akibat dari infeksi bakteri E-coli ini yaitu kram perut, BAB berdarah, muntah dan lainnya.

Jenis bakteri ini bisa terdapat pada gagang pintu, dudukan toilet, tisu toilet, gayung dan benda-benda yang terdapat di toilet kotor. Berhati-hatilah saat menggunakan toilet umum, pilih toilet yang bersih jika kondisi tidak begitu terdesak.

Bahaya Staphylococcus

Bakteri ini bisa mengakibatkan seseorang terkena sakit kepala, demam, lelah dan lemas. Jenis bakteri staph ini sangat rentan menyerang mereka yang menggunakan toilet umum. Berhati-hati adalah kunci untuk menghindarinya.

Itulah beberapa penyakit yang berasal dari toilet umum. Apabila Anda terpaksa harus menggunakan toilet umum, maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu basah. Selain itu, cuci tangan Anda menggunakan sabun antiseptic setelah menggunakan toilet umum. Hal ini untuk meminimalisir penularan dan infeksi dari bakteri berbahaya toilet umum.

Related Posts

Share This