Waspada Penyakit Berbahaya Akibat batuk Tidak Kunjung Sembuh

Batuk seringkali dianggap sebagai salah satu hal yang sepele. Setiap orang pasti pernah mengalaminya, terlebih lagi jika kondisi kesehatan sedang terganggu. Batuk terkadang menjadi salah satu hal yang dianggap menjengkelkan dan mengganggu aktivitas. Batuk bisa pada dasarnya bisa disembuhkan dengan mudah. Tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia, cukup dengan mengkonsumsi obat tradisional saja seperti jeruk nipis atau ramuan air jahe.

Namun adakalanya batuk tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, bahkan dalam hitungan minggu meskipun sudah diobati. Jika kondisi ini terjadi pada Anda maka sebaiknya jangan disepelekan, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Batuk yang tak kunjung sembuh dalam waktu yang relatif lama sangat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit yang serius.

Berikut Ini Beberapa Penyakit Akibat Batuk Tidak Kunjung Sembuh

Pertusis

Batuk yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi indikasi adanya penyakit pertussis. Batuk rejan atau pertussis adalah salah satu jenis penyakit yang menular akibat infeksi bakteri pada bagian paru-paru atau saluran pernafasan. Biasanya pertussis berupa batuk keras dan terjadi secara terus menerus dengan tarikan nafas panjang.

Adapun gejala awal dari pertussis ini adalah pilek, flu, demam dan batuk ringan. Kondisi ini lama kelamaan semakin parah dan tak kunjung sembuh. Pertusis yang dibiarkan akan berkembang menjadi penyakit berbahaya yaitu pneumonia.

Pneumonia

Selanjutnya bisa jadi ada indikasi penyakit pneumonia sehingga menimbulkan gejala batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk akibat ada penyakit pneumonia biasanya memburuk pada malam hari dan terus menerus. Jika kbatuk tak kunjung sembuh dan semakin parah maka jangan pernah mengabaikannya, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi dengan kesehatan Anda. Biasanya akan dilakukan tes darah dan juga rontgen pada bagian dada. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh infeksi dari bakteri pneumococcus.

Kanker Paru

Batu yang tidak kunjung sembuh memang tidak bisa dianggap sepele. Gejala kbatuk tersebut bisa menjadi salah satu indikasi adanya infeksi kanker paru. Biasanya kanker paru memang ditandai dnegan batuk kronis yang tak kunjung sembuh dalam beberapa waktu. Jika Anda mengalami batuk lebih dari 2 minggu dan disertai darah maka sebaiknya jangan dibiarkan, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius guna menghindari gangguan kesehatan yang lebih parah lagi.

Tuberkulosis

Penyakit TBC biasanya ditandai dengan batuk-batuk. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi bakteri tuberculosis akibat sistem imun melemah. Penyakit TBC ditandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh, kelelahan, nyeri dada, demam, berat badan turun drastis, batuk berdarah dan berkeringat malam hari.

Tuberkulosis sangat fatal akibatnya jika tidak ditangani hingga tuntas. Kuman tuberculosis bisa menyebar hingga ke bagian tulang belakang, jantung dan bahkan persendian sehingga hal ini harus benar-benar mendapatkan penanganan yang cukup serius.

Penanganan tuberculosis biasanya dnegan minum antibiotic secara terus menerus. Jika tidak konsisten dengan antibiotic maka kuman tuberculosis bisa menjadi resisten sehingga proses untuk penyembuhannya bisa berlangsung lama.

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan batuk tidak kunjung sembuh. Batuk sebaiknya jangan diabaikan karena kondisi tersebut mengindikasikan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius didalam tubuh. Segera tangani dengan baik dan benar sehingga batuk akan sembuh dan tidak ada penyakit berbahaya yang emngancam kesehatan Anda. Berlaku hidup sehat adalah cara terbaik untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517