Waspada! Mendengarkan Musik Dengan Volume Keras Ganggu Kesehatan

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan ketika bersantai sambil ngemil. Bahkan kegiatan ini juga bisa dilakukan ketika sedang dalam perjalanan menggunakan mobil. Banyak pilihan jenis musik yang bisa Anda dengarkan sesuai dengan selera, baik itu pop, rock, hip hop, herdcore dan masih banyak lagi.

Musik bisa menjadi terapi yang membuat perasaan Anda lebih tenang. Dengan semakin berkembangnya zaman, kini musik bisa didengarkan menggunakan perangkat yang lebih sederhana. Salah satunya yaitu menggunakan headset. Kebiasaan mendengarkan musik dengan suara keras mungkin dianggap sebagai aktivitas yang biasa. Namun hal ini sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan sebab volume keras dari musik yang Anda dengarkan bisa merusak lapisan sel saraf pada telinga.

Bagi Anda yang sering menghadiri konser musik secara live, sebaiknya berhati-hati sebab suara yang dihasilkan memang sangat keras. Jika hal ini sering Anda alami maka sangat beresiko terhadap gangguan pendengaran. Untuk meredam suara yang terlalu berisik sebaiknya gunakanlah penyumbat telinga.

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan menggunakan earphone ketika mendengarkan musik maka waspadalah. Kebiasaan tersebut sangat beresiko menyebabkan gangguan pada telinga. Terlebih lagi jika volume yang Anda perdengarkan cukup keras dan dalam waktu yang terbilang lama. Penggunaan earphone dengan volume musik tinggi akan menyebabkan lapisan saraf di telinga rusak. Hal ini beresiko terhadap tuli.

Efeknya mungkin tidak langsung dirasakan secara langsung. Namun dari kebiasaan tersebut bersifat jangka panjang dan secara perlahan. Pada kasus yang lebih parah bahkan kebiasaan ini menyebabkan tuli di usia yang masih sangat muda. Karena bagaimanapun yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone adalah anak muda.

Kerusakan yang diakibatkan oleh earphone memang bersifat menunda dan dampaknya akan dirasakan beberapa bulan/tahun kemudian seiring melemahnya fungsi telinga. Bahkan gelombang elekromagnetik dari earphone akan menyebabkan dampak terhadap kerusakan otak. Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam penggunaan earphone.

Gunakan earphone secara teratur sesuai kebutuhan dan hindari menggunakan barang tersebut setiap waktu dengan volume tinggi. Jika Andamengabaikan hal tersebut maka resiko kerusakan pendengaran tidak bisa dihindari. Resiko tersebut bahkan bisa bersifat permanen dan susah untuk ditangani akibat saraf pada telinga benar-benar rusak.

Nah, itulah sekilas dari dampak negatif mendengarkan musik dengan volume tinggi bagi kesehatan pendengaran. Mulailah membatasi kebiasaan tiak sehat tersebut dan lakukan dengan wajar tanpa merugikan kesehatan. Pendengaran merupakan salah satu indera yang sangat penting dan harus kirta jaga dengan baik.

Hindari suara-suara yang terlalu bising karena akan melemahkan fungsi dari saraf telinga. Disamping itu, perbanyaklah asupan makanan yang bergizi dalam menunjang kesehatan telinga. Makanan yang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral sebaiknya Anda konsumsi secara rutin dan teratur.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517