Waspada Masalah Kesehatan Mulut yang Nampak Tidak Berbahaya

Kesehatan mulut memang sangat penting untuk dijaga. Didalam mulut terdapat lidah dan juga gigi sehingga antara satu sama lain sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Kesehatan mulut yang tidak dijaga mungkin saja bisa menjadi sarang bakteri untuk terus berkembangbiak sehingga akibatnya terjadi sejumlah masalah kesehatan pada mulut seperti infeksi mulut, radang gusi dan maslah pada gigi.

Mulut bisa dikatakan sebagai jendela kesehatan secara umum. Janganlah menyepelakan kebersihan serta kesehatan mulut. Jika dirasa ada gangguan kesehatan yang tidak wajar pada mulut sebaiknya segera tangani dengan cara yang benar. Masalaha kesehatan pada mulut bisa menjadi hal yang sangat serius dan bahkan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Berikut Ini Ada Beberapa Masalah Kesehatan Mulut yang Perlu Disadari

  1. Bau Mulut Terus Menerus

Salah satu diantaranya yaitu bau mulut yang terus menerus. Pada umumnya bau mulut bisa hilang dengan cara menggosok gigi ataupun berkumur. Namun jika bau mulut tak kunjung hilang meskipun sudah melakukan hal tersebut maka hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan dan timbulnya penyakit pada mulut.

Biasanya hal ini ada masalah pada gusi yang menyebabkan iritasi yang mengakibatkan luka membusuk yang menjadi sarang bakteri mulut. Kondisi tersebutlah yang mengakibatkan timbulnya bau mulut yang tak kunjung usai.

  1. Gusi Bengkak dan Berdarah

Masalah kesehatan mulut lainnya yang terkadang tanpa disadari yaitu gusi bengkak dan berdarah. Meskipun rutin menggosok gigi atau berkumur dengan cairan khusus pembersih mulut tetap saja seringkali banyak orang yang mengalami masalah ini.

Gusi berdarah dan terjadi secara berkelanjutan bisa menjadi indikasi adanya penyakit diabetes. Jika hal ini terjadi kurang lebih selama satu bulan maka dipastikan diabetes. Oleh karena itu maka sebaiknya jangan diabaikan. Segera tangani dengan benar supaya tidak memicu masalah yang lebih serius.

  1. Bintik Putih Dibagian Bawah Gigi Graham

Apabila terdapat bintik putih pada bagian bawah gigi graham, maka hal ini mengindikasikan adanya infeksi virus. Kondisi seperti ini terkadang tidak disadari sehingga menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Jangan mengabaikan masalah tersebut seandainya terjadi pada Anda, segera tangani dengan benar.

  1. Warna Gigi Berubah Secara Drastis

Apabila Anda mengalami perubahan warna gigi secara drastis menjadi agak hitam atau bahkan kecokelatan, kondisi tersebut mengindikasikan adanya kerusakan gigi yang memerlukan penanganan secara serius.

  1. Lidah Perih

Saat Anda menyantap makanan panas dan makan terlalu cepat sehingga tidak sadar lidah tergigit. Hal ini tentunya membuat lidah terasa sangat perih. Jika kondisi sakit pada lidah berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu lebih dari 2 minggu maka hal ini sebaiknya jangan diabaikan, segera obati sevelum akhirnya menyebabkan gejala yang lebih parah lagi. Jangan diabaikan sebab berisiko terjadinya infeksi.

Demikian beberapa masalah kesehatan mulut yang tanpa disadari bisa Anda alami. Meskipun terlihat ringan dan sepele, namun masalah kesehatan tersebut berisiko menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius jika tidak mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sekiranya tidak bisa ditangani di rumah, maka periksakan ke dokter untuk mengetahui gejala yang terjadi sehingga bisa mendapatkan penanganan yang benar.

Jagalah kebersihan mulut dengan cara rutin sikat gigi, hindari konsumsi makanan manis secara terus menerus dan hindari kebiasaan buruk lainnya yang bisa merusak kesehatan gigi. Semoga bermanfaat untuk hidup yang lebih baik dan lebih sehat!

Related Posts

Share This