Waspada Masalah Kesehatan Kulit yang Menjadi Pertanda Adanya Penyakit Berbahaya

Kesehatan kulit adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele. Kulit merupakan bagian terluar yang melindungi seluruh anggota tubuh. Jika kesehatannya terganggu maka hal ini sangat berbahaya dan sangat berisiko untuk kesehatan bagian tubuh lainnya. Kulit biasanya rentan kering dan mengelupas sehingga terkadang menjadi kasar. Nah, jika Anda mengalami masalah pada kulit maka sebaiknya waspada, karena bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya.

Memang tidak banyak yang menyadari jika masalah kesehatan ternyata berkaitan erat dengan jenis penyakit lain yang terbilang berbahaya. Penyakit berbahaya akibat masalah kesehatan kulit memang masih jarang terjadi namun sebaiknya Anda waspada dan menjaga kesehatan kulit dengan baik. Apa saja penyakit berbahaya akibat masalah kesehatan kulit? Berikut ini simak penjelasannya!

Kulit Kering yang Tak Kunjung Membaik

Jika kulit Anda kering dan sudah diolesi pelembab namun masih belum juga membaik maka sebaiknya waspada karena berisiko terhadap pra-kanker atau dengan kata lain actinic keratosis. Biasanya indikasi penyakit ini lebih sering terjadi pada bagian telinga, wajah dan di kulit kepala yang botak. Bahkan bisa juga terdapat pada bagian kulit lainnya.  Sebaiknya jangan diabaikan dan segera lakukan penanganan ke dokter.

Jerawat yang Tak Kunjung Lenyap

Jerawat memang sudah lumrah dialami oleh setiap orang dan biasanya muncul pada bagian wajah. Namun ternyata jika ada jerawat di wajah lebih dari seminggu belum hilang dan ketika dipencet mengeluarkan lendir atau isinya maka bisa menjadi pertanda penyakit kanker kulit. Jerawat yang tak kunjung sembuh bisa menjadi indikasi adanya Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA). Jenis infeksi bakteri ini tahan terhadap berbagai antibiotic. Sebaiknya lakukan penanganan oleh medis.

Alis Menipis atau Rambut Pada Bagian Lain Perlahan Hilang

Alis yang tiba-tiba menipis tanpa sebab sebiknya dilakukan pemeriksaan dokter. Bisa jadi adanya indikasi masalah tiroid yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan tes darah. Jangan abaikan masalah ini!

Lipatan Kulit Pada Bagian Ketiak, leher dan Selangkangan Berwarna Gelap

Lipatan kulit yang tiba-tiba berubah warna pada bagian tersebut bisa menjadi indikasi adanya acanthosis nigricans. Terlalu banyaknya insulin didalam darah menyebabkan perubahan warna kulit dan hal ini bisa menjadi indikasi penyakit berbahaya seperti diabetes tipe-2.

Bibir Pecah-Pecah Dan Tak Kunjung Sembuh

Masalah pada bibir yang menyebabkan kulitnya menjadi kering mungkin menjadi hal yang lumrah dan bisa dialami oleh setiap orang. Namun jika tak kunjung sembuh dalam waktu lama meskipun sudah memakai pelembab bibir, maka sebaiknya waspada terhadap penyakit berbahaya pra-kanker atau Actinic cheilitis.

Jangan sesekali menyepelekan Actinic cheilitis karena merupakan cikal bakal kanker kulit. Sebaiknya lakukan penanganan dengan baik dan benar. Sebelum pada akhirnya berkembang menjadi gejala kanker yang lebih parah dan cukup serius.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan kulit yang bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya. Jangan menyepelekan kesehatan kulit karena semua anggota tubuh sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang ringan maupun yang masuk kategori penyakit berbahaya sekali pun.

Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit. Bahkan bisa dilakukan dengan sangat sederhana dan mudah sekali. Semoga ulasan artikel ini menjadi sebuah referensi yang bermanfaat dan menambah wawasan tentang kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517