Waspada! Lakukan Pertolongan Pertama Pada Gigitan Hewan Peliharaan

Setiap orang tentunya memiliki hobi yang berbeda-beda. Salah satu hobi yang paling lumrah yaitu memiliki hewan peliharaan di rumah. Hewan yang dipelihara sangat bervariasi mulai dari burung, ikan, kucing dan bahkan anjing. Nampaknya saat ini hewan peliharaan sudah menjadi teman sejati bagi setiap orang yang merawatnya.

Meskipun hewan peliharaan yang kita miliki terlihat jinak, namun bukan hal yang tidak mungkin jika suatu ketika menjadi beringas dan menyerang. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing meskipun jinak, namun sewaktu-waktu bisa saja menggigit. Nah, maka dalam hal ini kita harus berhati-hati sebab gigitan dari hewan peliharaan bisa menyebabkan infeksi yang berbahaya. Apabila sudah terlanjur terjadi gigitan, maka segeralah lakukan tindakan untuk mengatasi kemungkinan terburuk.

Berikut Ini Tindakan Yang Harus Anda Lakukan Jika Hewan Peliharaan Menggigit

Tindakan Luka Ringan

Apabila Anda terkena luka ringan akibat gigitan atau cakaran dari hewan peliharaan, maka sebaiknya tidak mengabaikan hal tersebut. Meskipun luka tersebut tidak parah namun jika tidak ditangani bisa beresiko menyebabkan infeksi. Lakukan penanganan/pertolongan pertama yaitu dengan membersihkan luka tersebut dengan sabun khusus antibakteri dan segeralah bilas menggunakan air bersih. Hal ini berguna untuk menghambat penyebaran bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

Tindakan Luka Dalam

Gigitan hewan yang menyebabkan kulit robek dan berdarah pastinya membuat Anda panik, akan tetapi sebaiknya Anda bersikap tenang supaya bisa memberikan penanganan dengan benar. Mulailah memberikan tindakan dengan menutup luka tersebut untuk menghentikan darah yang keluar. Jika pendarahan dirasa cukup parah, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga tidak akan terjadi infeksi pada luka Anda.

Tindakan Luka Yang Berpotensi Infeksi

Luka gigitan/cakaran hewan memang sangat beresiko menyebabkan infeksi. Tanda-tanda infeksi bisa Anda lihat dengan jelas yaitu bekas gigitan memerah, terasa nyeri dan bengkak. Segeralah untuk pergi ke dokter sehingga mendapat penanganan lebih lanjut. Jangan menyepelekan luka tersebut sebab bisa menyebabkan resiko yang lebih parah.

Luka Yang Berpotensi Rabies

Gigitan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing jangan dianggap remeh sebab hewan tersebut bisa saja menyebarkan virus rabies. Tindakan yang harus Anda lakukan yaitu segera untuk mencuci luka tersebut dengan menggunakan sabun dan bilas hingga bersih. Berikan alkohol untuk menghilangkan bakteri dan virus yang mungkin menempel dari hewan tersebut. Nah, setelah itu segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebi baik.

Gigitan yang berasal dari binatang sangat beresiko terhadap infeksi dan penyebaran virus. Terlebih lagi jika hewan tersebut tidak termasuk ke dalam kategori hewan yang mendapat vaksinasi. Maka dari itu jangan pernah menganggap sepele luka tersebut. Penanganan yang benar akan menghindarkan Anda dari infeksi berbahaya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517