Waspada! Kenali Penyebab Miningitis Pada Anak

Penyebab meningitis. Miningitis adalah adanya gejala peradangan yang memang bisa mengenai lapisan selaput yang melindungi jaringan otak serta sumsum tulang belakang yang memang bisa menimbulkan eksudasi berupa pus atau bahkan serosa yang memang disebabkan oleh bakteri atau bahkan virus. Lantas, apa penyebab meningitis yang terjadi pada anak?

Umumnya, penyebab sakit meningitis ini disebabkan oleh adanya pemaparan virus yang tidak begitu berbahaya, bahkan akan segera pulih tanpa adanya perawatan atau bahkan pengobatan yang serius. Hanya saja, meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa menyebabkan kondisi anak menjadi sangat serius, misalkan seperti kerusakan yang terjadi pada otak anak atau bahkan hilangnya kemampuan dalam belajar.

Sedangkan untuk meningitis pada anak yang disebabkan oleh jamur, biasanya sangat jarang terjadi, karena jenis penyakit ini umumnya dialami oleh pasien yang menderita kerusakan daya tahan tubuh yang baik, misalkan seperti penderita AIDS.

Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab meningitis yang terjadipada anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus)

Bakteri jenis Streptococcus Pneumoniae atau pneumococcus merupakan salah satu jenis bakteri yang memang bisa menyebabkan terjadinya penyakit meningitis, dan kebanyakan jamur jenis ini menyerang bayi atau bahkan anak-anak. Bukan hanya itu, jenis dari bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi terhadap paru-paru, telinga juga bahkan bagian rongga hidung atau sinus.

  1. Neisseria Meningitidis (meningococcus)

Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa bakteri jenis ini juga disbeut dengan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit meningitis. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri jenis ini terjadi akibat adanya infeksi yang memang menyerang saluran pernapasan pada bagian atas, dan setelah itu bakteri akan masuk ke dalam peredaran darah serta berjalan terus hingga menuju otak, sehingga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit jenis ini.

  1. Haemophilus Influenzae (haemophilus)

Bakteri Haemophilus influenzae type b merupakan salah satu jenis bakteri yang juga merupakan penyebab terjadinya infeksi terhadap saluran pernapasan bagian atas serta telinga bagian dalam juga sinusitis. Bahkan infeksi yang ditimbulkan dari jenis bakteri ini masih bisa di atasi dengan adanya pemberian vaksin terhadap anak atau bayi.

  1. Listeria Monocytogenes (listeria)

Bakteri yang bisa menyebabkan munculnya penyakit meningitis ini umumnya bisa Anda temui di banyak tempat, bahkan pada makanan yang memang telah tercampur dengan bakteri jenis ini. Bakteri ini umumnya berasal dari hewan peliharaan serta dari makanan yang memang memiliki potensi terkontaminasi oleh bakteri dengan jenis listeria, dan jenis makanan itu adalah keju, hot dog, serta daging yang berada di dalam sandwich.

  1. Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis

Bakteri yang menyebabkan meningitis yang lainnya yaitu bakteri Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis, yang memang masih merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan TBC.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517