Waspada!! Kandung Kemih Sakit Bisa Menjadi Indikasi Serangan Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Tidak jarang penyakit ini memakan korban kareana gejala awalnya yang sulit untuk terdeteksi. Kanker bisa dikatakan juga sebagai silent killer. Diam-diam mematikan sehingga perlu diwaspadai dan mengenali gejala awalnya secara jeli.

Kanker bisa menyerang bagian tubuh manapun seperti paru-paru, usus, hati, tulang, getah bening, darah dan lain sebagainya. Bahkan kanker juga bisa menginfeksi bagian kandung kemih. Biasanya hal ini tanpa disadari sehingga banyak yang mengabaikan ketika kandung kemih sakit.

Letak kandung kemih yang berada didalam sejatinya membuat hal ini sulit untuk mendeteksi keberadaan kanker. Sel kanker akan tumbuh secara perlahan yang diakibatkan oleh berbagai penyebab secara internal ataupun eksternal.

Yang paling kontras tentunya penyebab dari luar seperti kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Sebagai contohnya bisa berasal dari beberapa jenis makanan. Dalam upaya untuk menghindari kondisi yang terlanjur parah dan membahayakan, maka sebaiknya Anda waspada dan mengenali lebih dini mengenai gejala serangan kanker pada bagian kandung kemih tersebut.

Beberapa Hal Yang Bisa Mendeteksi Adanya Serangan Kanker Pada Kandung Kemih

Panas Saat Buang Air Kecil

Salah satu kondisi yang perlu Anda waspadai sebagai gejala dari serangan kanker pada kandung kemih yaitu merasakan panas seperti terbakar saat buang air kecil. Kondisi seperti ini merupakan tanda adanya infeksi pada kandung kemih dan gejala awal serangan kanker.

Jika Anda sering merasakan gejala tersebut setiap kali buang air kecil maka sebaiknya waspada dan berkonsultasi dengan dokter sebelum gejalanya lebih parah lagi.

Muncul Gumpalan Darah

Gejala lain dari serangan kanker kandung kemih yiatu terjadinya pembekuan darah didalam urin sehingga menggumpal. Ketika buang air kecil maka akan terasa sangat sakit dan gumpalan tersebut akan ikut keluar melalui saluran kencing. Mungkin hal ini terlihat sangat mengerikan.

Sering Buang Air Kecil

Kanker kandung kemih biasanya akan menyebabkan urin menjadi sedikit. Namun ternyata disisi lain ada gejala sebaliknya yaitu volume urin mengalami peningkatan sehingga penderitanya akan mengalami gejala sering kencing. Penyerapan dan pengolahan cairan didalam ginjal akan terganggu akibat adanya pertumbuhan sel kanker tersebut.

Terasa Sangat Sakit Saat Berhubungan Intim

Saat penetrasi berhubungan intim suami istri maka akan merasakan sensasi nyeri yang tak tertahankan. Hal ini karena infeksi pada bagian kandung kemih akan terkoyak saat melakukan hubungan seksual.

Warna Urin Menjadi Lebih Gelap

Urin yang normal tentunya memiliki warna kuning cerah dan tidak berbusa. Namun jika terjadi infeksi pada kandung kemih maka warna urin akan berubah menjadi lebih gelap. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena adanya darah yang bercampur dengan urin sehingga mengubah warnanya. Waspada dan jangan diabaikan.

Kaki Mengalami Pembengkakan

Selain adanya tanda-tanda dari bagian dalam, kondisi yang paling kontras yaitu adanya pembengkakan pada bagian kaki. Mengapa demikian? Hal ini karena fungsi dan kinerja ginjal mengalami gangguan sehingga mengakibatkan resistensi air didalam tubuh akan mengalami gangguan. Dampaknya ada pembengkakan pada kaki.

Itulah beberapa gejala yang perlu diwaspadai seputar serangan kanker kandung kemih. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan penanganan yang tepat. Selain itu, bisa juga dicegah dengan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa serangan kanker banyaknya berasal dari faktor eksternal sehingga memicu sel-sel kanker berkembang.

Related Posts

Share This