Waspada!!! Jangan Coba-Coba Cabut Bulu Hidung, Inilah Bahayanya!

Apakah bulu hidung Anda panjang? Sering dicabut dengan tangan? Sebaiknya mulai saat ini Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Bulu hidung memiliki peranan dan manfaat yang besar untuk kesehatan saluran pernapasan. Bulu hidung berfungsi dalam menyaring kotoran serat lendir yang berbahaya bagi paru-paru. Jika banyak kotoran atau lendir masuk ke dalam saluran pernafasan maka hal ini sangat berisiko terhadap infeksi dan kesehatan paru-paru. Oleh karena itu bulu hidung berperan dalam mencegah hal tersebut.

Mungkin sebagian dari kita memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung dengan tangan atau menggunakan alat pencabut bulu. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan lagi karena bisa menyebabkan bahaya atau risiko yang sangat fatal untuk kesehatan hidung. Kebiasaan mencabut bulu hidung mungkin terdengar sepele, namun ternyata bahayanya sangat fatal karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Apa saja bahaya mencabut bulu hidung?

Berikut Ini Bahaya Mencabut Bulu Hidung Yang Sebaiknya Diwaspadai

Infeksi Otak

Salah satu bahaya mencabut bulu hidung yaitu bisa menyebabkan bahaya infeksi otak. Perlu Anda ketahui bahwa pada area di sekitar mulut dan hidung memiliki banyak pembulu darah balik (vena) yang terhubung ke bagian otak. Hal ini bisa menyebabkan bakteri dari hidung masuk ke otak secara langsung.

Nah, apabila Anda memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung maka hal ini sangat rentan terhadap risiko masuknya bakteri ke otak sehingga menyebabkan gumpalan pada bagian sinus kavernosus. Walaupun kejadian risiko ini rendah namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi terlebih lagi jika sistem imun tubuh lemah.

Infeksi

Risiko lain yang ditimbulkan akibat kebiasaan mencabut bulu hidung adalah infeksi pada hidung yang sangat fatal. Bakteri atau kuman sangat rentan masuk ke dalam folikel yang terbuka sehingga hal ini memicu terjadinya infeksi pada bagian hidung yang bulunya tercabut.

Jerawat

Selanjutnya risiko yang terbilang rendah ketika mencabut bulu hidung menggunakan tangan yaitu bisa menimbulkan adanya jerawat karena kondisi tangan yang kotor membawa bakteri. Sebaiknya jangan membiasakan untuk mencabut bulu hidung.

Mimisan

Akibat mencabut bulu hidung bisa saja mengakibatkan pembuluh darah pecah pada bagian hidung sehingga terjadi mimisan. Pendarahan pada hidung ini sebaiknya dihindari supaya tidak menyebabkan gangguan kesehatan lainnya yang berakibat fatal.

Nah, itulah beberapa bahaya mencabut bulu hidung yang sebaiknya kita hindari. Jika bulu hidung tumbuh panjang maka sebaiknya jangan dicabut. Alangkah lebih baiknya gunakan saja gunting kecil untuk memotong bulu hidung. Pastikan kebersihan dari alat yang digunakan untuk menghindarkan risiko infeksi bakteri dan kuman.

Menjaga kebersihan hidung memang sangat penting, namun tentunya juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar sehingga hal ini tidak berisiko terhadap gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Dengan kata lain kita harus bisa menghindarkan risiko dan efek samping dari setiap tindakan yang akan dilakukan.

Sepintas mungkin mencabut bulu hidung adalah kebiasaan yang terlihat sepele. Namun jika terjadi infeksi maka risikonya sangat serius sehingga hal ini tidak boleh diabaikan. Bulu hidung memiliki peranan positif untuk kesehatan pernapasan sehingga jangan sekali-kali memicu bahaya dengan mencabut bulu hidung. Gunakan cara yang aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan hidung dan anggota tubuh lainnya.

Bulu hidung yang tumbuh panjang seringkali bagi sebagian otrang terlihat sangat mengganggu penampilan maka tidak heran banyak sekali orang yang mengambil keputusan ceroboh dengan mencabut bulu hidung secara sembarangan yang akibatnya tentu fatal. Mulai saat ini sebaiknya kita berhati-hati dengan tidak mencabut bulu hidung.

Jika terlanjur mencabut bulu hidung dan terjadi adanya infeksi pada hidung maka sebaiknya segera tangani dengan baik ke dokter supaya tidak menyebabkan bahaya yang labih fatal lagi. Penanganan yang tepat akan menghindarkan dari bahaya yang lebih serius lagi. Lebih baik mencegh daripada harus mengobati. Itulah salah satu solusi terbaik supaya tidak terjadi hal-hal negatif terhadap kesehatan hidung. So, mulai saat ini jangan coba-coba mencabut bulu hidung lagi sahabat sehat. Bersihkan bulu hidung dengan cara yang lebih aman jangan gunakan cara sembarangan yang berbahaya!

Related Posts

Share This