Waspada!! Inilah Beberapa Jenis Penyakit Akibat Gizi Buruk!

Gizi buruk merupakan sebuah permasalahan yang tidak boleh dianggap sepele. Hal ini karena permasalahan gizi sangat penting dalam kehidupan. Jika asupan gizi terjaga dengan sangat baik maka kesehatan tubuh akan baik pula. Namun jika sebaliknya asupan gizi kurang atau bahkan masuk dalam kategori gizi buruk maka hal ini bisa mengakibatkan berbagai permasalahan terutama dalam hal kesehatan. Terlebih lagi jika kondisi tersebut terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan maka akibatnya bisa sangat fatal.

Pada masa tumbuh kembang anak sebaiknya kebutuhan nutrisi diperhatikan dengan teliti. Penuhi semua kebutuhan nutrisi si kecil karena pada tahap tumbuh kembang, tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi. Bahkan otak membutuhkan asupan nutrisi yang sangat banyak dalam tahap tumbuh kembang supaya bisa bekerja dengan baik dalam menjalankan fungsinya.

Periode emas tumbuh kembang anak tidak boleh mengalami gangguan terutama dalam hal kebutuhan nutrisi. Hal ini karena nutrisi menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam proses tersebut. Perhatikan semua kebutuhan nutrisi tersebut dengan memberikan asupan makanan bergizi dan sehat. Sebenarnya hal tersebut cukulah mudah, hanya saja seringkali sebagian orang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga baru menyadarinya ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.

Yang perlu diwaspadai dari kekurangan asupan gizi pada masa tahap tumbuh kembang anak adalah kondisi kesehatan yang mengalami gangguan sehingga memicu banyak sekali penyakit pada tubuh. Bahkan jenis penyakit yang mengancam nampaknya tidak main-main karena bersifat penyakit yang cukup berat. Apa saja jenis penyakit akibat gizi buruk? Berikut ini penjelasannya!

Marasmus

Apa itu marasmus? Penyakit ini mungkin sedikit terdengar aneh atau asing bagi sebagian orang. Marasmus merupakan salah satu gangguan kesehatan akibat kekurangan asupan protein dan juga kalori yang terlalu rendah. Penyakit ini terbilang umum menyerang anak-anak sehingga perlu untuk diwaspadai. Biasanya marasmus menyebabkan 80% berat tubuh menjadi rendah dari yang seharusnya. Bahkan anak yang menderita ini akan mengalami gejala kulit kering atau gangguan kesehatan kulit lainnya.

Anemia

Mungkin kita seing mendengar istilah penyakit yang satu ini. Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin B12 atau zat besi. Kekurangan darah memang sangat berisiko fatal untuk kesehatan. Biasanya mengakibatkan penderitanya kelelahan dan terlihat pucat akibat haemoglobin yang rendah. Sebaiknya jangan disepelekan segera tangani dengan pemeriksaan dokter dan dukung dengan asupan makanan yang kaya akan zat besi.

Kwashirkor

Penyakit jenis ini akibat kekurangan asupan protein sehingga menyebabkan penipisan rambut, dermatitis, pembesaran hati, perut buncit dan bahkan gigi mudah copot. Kwashiorkor harus mendapat penanganan yang sangat serius agar tidak berakibat fatal terhadap kesehatan selanjutnya.

Hipokalemia

Gangguan kesehatan ini diakibatkan oleh kekurangan asupan kalium. Biasanya gejala gizi buruk ini ditandai dengan diare dan dehidrasi. Selain itu menyebabkan kram otot, sembelit dan terjadi gangguan pada pembuluh darah. Efek yang sangat serius akibat penyakit ini yaitu aritmia jantung dan depresi pernapasan.

Demikian beberapa gangguan kesehatan akibat gizi buruk yang perlu diwaspadai terutama untuk pertumbuhan anak. Jangan menyepelekan kebutuhan nutrisi anak karena sangat penting dan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Senantiasa berikan asupan nutrisi untuk anak dengan memberikan sajian makanan yang bergizi setiap harinya. Jaga kesehatan anak dengans elalu memberikan asupan vitamin tambahan supaya sistem imun anak tidak mengalami gangguan. Dengan sistem imun yang kuat maka akan terhindar dari risiko gangguan penyakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517