Waspada, Inilah Bahaya Duduk Terlalu Lama Lebih Dari 3 Jam

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa selama ini ada kebiasaan sehari-hari yang membahayakan kesehatan yaitu salah satunya duduk selama berjam-jam. Tiak bisa dipungkiri bahwa banyak aktivitas yang dikerjakan sambil duduk, terutama bagi para pekerja kantoran. Namun tahukah Anda jika ternyata duduk terlalu lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat fatal. Lalu apa bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan?

Menurut hasil riset menunjukan bahwa duduk terlalu lama lebih dari tiga jam tanpa berpindah tempat bisa menekan pembuluh darah sehingga mengakibatkan sirkulasi darah tidak lancar. Jika hal tersebut terjadi maka akan mengundang banyak penyakit berbahaya pada tubuh Anda. Berikut ini beberapa bahaya duduk terlalu lama lebih dari tiga jam.

Kesehatan Tulang

Duduk terlalu lama dan jarang melakukan aktivitas fisik sangat beresiko terhadap kesehatan tulang. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun sehingga rentan terkena osteoporosis.

Masalah Pada Kaki

Bahaya duduk terlalu lama yang selanjutnya yaitu mengakibatkan terjadinya pembengkakan di pergelangan kaki sehingga timbul varises. Selain itu, terjadi penyumbatan pembuluh darah karena adanya pembekuan yang dfisebabkan sirkulasi darah tidak lancar.

Otot Leher dan Pundak Tegang

Bagi Anda pekerja kantoran yang setiap harinya duduk berjam-jam depan layar komputer renta mengalami sakit leher. Hal ini karena posisi yang sama dalam waktu lama menyebabkan otot leher dan pundak menjadi tegang serta kaku.

Nyeri Tulang Belakang

Tidak adanya aktivitas fisik dan mengharuskan Anda duduk berjam-jam menyebabkan tekanan pada bagian otulang belakang sehingga kondisi ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada sendi tulang belakang. Pembengkakan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan

Gangguan Pencernaan

Ternyata duduk terlalu lama juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan. Duduk terlalu lama akan memberikan tekanan pada bagian perut sehingga mengakibatkan metabolisme tubuh melambat dan sistem pencernaan terganggu.

Masalah Pada Pinggul

Bahaya selanjutnya yaitu menyebabkan otot di sekitar pinggul menjadi tegang dan stres. Kondisi tersebut akan memicu rasa nyeri pada pinggul ketika bergerak.

Memicu Penyakit Kanker

Aktivitas fisik sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, jika Anda jarang bergerak dan sering duduk berjam-jam maka akan menghambat proses tersebut. Resikonya yaitu akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya.

Gangguan Pankreas

Fungsi pankreas akan melemah jika Anda sering duduk dalam waktu lama. Kondisi tersebut akan menyebabkan produksi insulin tidak normal sehingga memicu penyakit diabetes.

Kerusakan Otak

Apabila sirkulasi darah terhambat dan tidak lancar maka hal ini akan menyebabkan nutrisi dan oksigen yang menuju ke otak tidak maksimal. Kondisi tersebut memang berbahaya bagi otak dan menyebabkan fungsi saraf tergganggu dan menimbulkan kerusakan.

Kesehatan Jantung

Jika sirkulasi darah terhambat maka hal ini bisa memicu terjadinya penggumpalan sehingga bisa membahayakan kesehatan jantung karena dipaksa untuk bekerja ekstra.

Nah, itulah beberapa bahaya duduk terlalu lama lebih dari tiga jam. Maka dari itu, usahakan sesekalai untuk berdiri sehingga semua aktivitas yang Anda jalani tidak membahayakan kesehatan.

Related Posts

Share This