Waspada! Inilah Bahaya Duduk Terlalu Lama

Duduk merupakan salah aktivitas yang paling sering dilakukan oleh semua orang. Bahkan hampir semua kegiatan menggunakan posisi tersebut seperti belajar, bekerja di kantor, makan dan lain sebagainya. Duduk selama berjam-jam tanpa disadari bisa memberikan dampak yang membahayakan kesehatan. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan secara terus menerus maka bisa mengundang berbagai penyakit yang sangat mematikan. Lalu apa saja bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan?

Menurut riset menunjukan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama bisa memicu resiko terkena penyakit jantung, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. Pakar kesehatan menyarankan bagi Anda yang memiliki kesibukan dan menghabiskan banyak waktu dengan duduk sebaiknya menyempatkan untuk meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan di sela-sela waktu istirahat.

Menyempatkan waktu untuk berolahraga dan bergerak setelah seharian duduk terlalu lama memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik dan resiko terkena penyakit berbahaya bisa diminimalisir. Setidaknya Anda menyempatkan waktu untuk berolahraga pada pagi hari sebelum bekerja ataupun gym pada sore hari. Dengan begitu maka Anda bisa terhindar dari penyakit akibat kebiasaan duduk terlalu lama.

Seiring dengan kemajuan teknologi maka segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah. Akan tetapi banyak dampak negatif yang mengancam kesehatan jika kita tidak bisa menyiasatinya. Penggunaan barang-barang elektronik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk lebih lama. Maka dari itu diperlukan solusi yang tepat untuk meminimalisir resiko akan hal tersebut.

Berikut Ini Kiat Untuk Meminimalisir Resiko Terkena Dampak Negatif Akibat Duduk Terlalu Lama

  • Bagi Anda yang bekerja di kantoran dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk maka sempatkanlah waktu beberapa menit untuk berdiri atau bergerak. Lakukan jalan-jalan kecil keluar ruangan sehingga sirkulasi darah kembali lancar dan resiko terkena penyakit berbahaya kemungkinannya lebih kecil.
  • Biasakan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Jenis olahraga yang dilakukan cukup gerakan sederhana seperti jalan santai, berenang ataupun bersepeda santai.
  • Hindari kebiasaan nonton televisi dalam waktu yang cukup lama setelah bekerja. Bersegeralah untuk istirahat dan jangan begadang dengan menghabiskan waktu di depan televisi atau monitor komputer.
  • Bagi Anda yang gemar maen game online sebaiknya meluangkan waktu untuk bergerak dan berolahraga. Kebiasaan duduk terlalu lama memang sangat beresiko untuk kesehatan dalam jangka panjang jika dilakukan secara terus menerus.

Nah, demikian beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menghindari resiko akibat duduk terlalu lama. Kunci utama untuk menghindari bahaya tersebut adalah dengan menyempatkan waktu untuk berolahraga. Bergerak aktif akan membantu memperlancar sirkulasi darah yang sedikit terhambat akibat seharian duduk terlalu lama. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517