Waspada, Inilah 5 Zat Kimia Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil memang diharuskan untuk memberikan perhatian ekstra terhadap kehamilan dari segi asupan nutrisi, kegiatan sehari-hari dan bahkan kesehatan lingkungan. Ibu hamil harus menghindari hal-hal yang bisa memberikan dampak negatif terhadap kehamilan. Salah satunya yaitu menghindari paparan zat kimia berbahaya karena bisa menyebabkan janin keracunan.

Paparan zat kimia yang mencemari lingkungan baik itu kontak secara langsung atau tidak langsung sebisa mungkin harus dihindari. Bahaya zat kimia bagi kehamilan memang sangat fatal yaitu beresiko terhadap kelahiran prematur, cacat janin dan bahkan kematian pada janin.

Berikut Beberapa Zat Kimia Berbahaya Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

  1. Emisi Bahan Bakar

Asap kendaraan merupakan hasil dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung karbon monoksida. Jika terhirup oleh ibu hamil maka bisa memberikan dampak negarif terhadap kesehatan dan perkembangan janin didalam kandungan. Bahkan resiko yang paling parah yaitu terjadi kematian janin. Maka dari itu, sebisa mungkin ibu hamil harus menghindari polusi kendaraan dan jika hendak bepergian maka gunakan masker.

  1. Nikotin

Zat kimia berbahaya selanjutnya yitu paparn asap rokok yang mengandung nikotin. Bahaya yang ditimbulkan oleh nikotin pada kehamilan yaitu diantaranya kelahiran premtur, cacat pada janin, berat badan janin rendah, kehamilan ektopik dan bahkan kematian janin di dalam kandungan.

Ibu hamil harus senantiasa berada di lingkungan yang sehat dan terbebas dari asap rokok. Jika suami Anda merokok maka sebaiknya Anda menghindarinya atau menyarankan tempat khusus diluar rumah supaya tidak membahayakan janin.

  1. Bahan Kimia Cat

Cat memang identik untuk proses dekorasi rumah supaya terlihat semakin indah. Namun pada waktu hamil, aktivitas dekorasi rumah atau mengecat ulang rumah sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Hal ini karena lbahan kimia yang terdapat pada cata rentan terhirup oleh ibu ohamil sehingga menjadi racun berbahaya bagi janin.

  1. Produk Pembersih

Zat kimia yang terkandung dalam pembersih lantai atau produk pembersih yang lainnya berbahaya bagi ibu hamil dan sebaiknya dihindari. Salah satu kandungan zat kimia yang berbahaya dalam pembersih yaitu pestisida yang sangat jelas berbahaya bagi ibu hamil. Jika kterhirup bisa masuk ke janin melalui pembuluh darah yang membawa oksigen untuk janin.

Nah, demikian beberapa zat kimia berbahaya yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Lingkungan yang sehat menjadi salah satu kunci kehamilan yang sehat. Ibu hamil memang rentan terhadap gangguan yang disebabkan oleh paparan zat kimia berbahaya. Maka dari itu sebisa mungkin untuk menghindari bahan-bahan tersebut.

Disamping itu, bentengi pertahanan tubuh dengan asupan makanan sehat yang bisa meningkatkan sistem imun sehingga tidak akan mudah terserang oleh penyakit berbahaya. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kehamilan Anda untuk mendeteksi resiko pada kehamilan sejak dini.

Related Posts

Share This