Waspada! Ini Bahaya Dehidrasi Pada Anak

Kesehatan si buah hati merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Pada masa pertumbuhan, kesehatan tentunya menjadi faktor penting yang memberikan dampak sangat besar. Jika kondisi kesehatan tubuh si kecil terganggu maka hal ini akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Tindakan pencegahan sebaiknya Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat pada anak sejak dini dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan. Disamping itu, Anda juga harus memperhatikan asupan cairan sebagai upaya untuk mencegah dehidrasi pada anak.

Dehidrasi bisa terjadi ketika cairan di dalam tubuh keluar secara berlebihan. Banyak faktor yang memicu keluarnya cairan berlebih seperti diare atau muntah. Namun terkadang kebanyakan orang menganggap kondisi tersebut sebagai lhal yang wajar dan sepele tanpa mempertimbangkan resiko selanjutnya. Perlu Anda ketahui bahwa ketika anak mengalami dehidrasi tidak saja kekurangan cairan saja, akan tetapi kekurangan zat elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Gejala yang tampak ketika terjadi dehidrasi yaitu mulut kering, pecah-pecah, mudah mengantuk, lemas dan gelisah. Kondisi tersebut tentunya sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi anak. Lalu apa saja penyebab bahaya dehidrasi pada anak?

Berikut Faktor Penyebab Bahaya Dehidrasi Yang Terjadi Pada Anak

  • Dehidrasi Yang Diakibatkan Aktivitas Berat

Masa anak-anak merupakan masa yang paling aktif dalam bergerak. Anak-anak menikmati dunia mereka dalam bentuk permainan. Dengan kata lain dunia anak merupakan dunia bermain sehingga otidak mengherankan jika Anda mendapati sei kecil sering berkeringat. Dalam hal ini Anda sebaiknya memperhatikan asupan cairan untuk si kecil sebagai upaya mencegah dehidrasi. Walaupun si kecil tidak terlihat haus namun Anda harus tetap memberikan minum sebagai upaya menjaga cairan tubuhnya sehingga terhindar dari dehidrasi.

Jika si kecil menolak untuk minum, maka Anda harus lebih kreatif untuk menyiasatinya. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan makanan yang mengandung air seperti buah-buahan. Misalnya denganmenberikan buah jeruk, belimbing maupun apel. Bahkan Anda bisa memberikan buah dalam bentuk jus.

  • Dehidrasi Akibat Diare

Perlu Anda ketahui bahwa diare menjadi penyebab utama yang biasanya menyebabkan dehidrasi pada anak. Hal ini karena diare lebih rentan dan mudah menyerang anak-anak akibat kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan tidak sehat yang berasal dari jajanan pinggir jalan. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah tetap memberikan asupan cairan dan segera menghentikan diare tersebut dengan memberikan obat alami atau pergi ke dokter.

  • Dehidrasi Akibat Muntah

Ketika si Kecil muntah, makanan dan minuman yang telah masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan kembali sehingga nutrisi serta cairan akan terbuang dengan sia-sia. Hal ini biasanya disebabkan oleh alergi ataupun gangguan kesehatan. Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah membawa si buah hati ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Related Posts

Share This