Waspada Efek Samping  Pil KB

Rencana setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam hal memiliki keturunan. Banyak pasangan yang memutuskan untuk menunda kehamilan beberapa tahun setelah pernikahan dengan alasan yang beragam. Cara paling efektif untuk menunda kehamilan yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi. Salah satunya menggunakan pil KB. Namun tahukah Anda efek samping KB pil untuk kesehatan?

Pil KB sudah sangat popular dikalangan masyarakat. Alat kontrasepsi yang satu ini lebih banyak digunakan oleh wanita karena dinilai lebih efektif dan harganya terjangkau. Selain itu, pil KB lebih mudah untuk diperoleh. Akan tetapi dibalik semua itu ternyata efek minum pil KB untuk kesehatan sangat beresiko.

Berikut Efek Samping Penggunaan Pil KB

Secara umum pil KB digunakan dengan tujuan untuk menghambat terjadinya pembuahan. Penggunaan pil KB dalam mencegah kehamilan sangat efektif. Tapi Anda juga harus memperhatikan beberapa efek dari pil KB sebelum memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

  1. Mual dan muntah

Salah satu efek samping dari pil KB yaitu akan menyebabkan mual dan muntah. Pada awal-awal penggunaannya yaitu pada 2 bulan pertama biasanya akan menimbulkan gejala mual dan bahkan disertai muntah. Untuk mengatasi khal tersebut cobalah untuk mengkonsumsi pil KB disertai dengan makanan yang mengandung karbohidrat.

  1. Sakit kepala

Pada tahap awal penggunaan pil KB biasanya akan menyebabkan migrain atau sakit kepala. Hal ini terjadi karena hormone estrogen sedang berfluktuatif di dalam tubuh. Kondisi sakit kepala tersebut hampir sama dengan sakit kepala pada waktu pra menstruasi.

  1. Pendarahan ringan

Penggunaan pil KB secara terus menerus terkadang menyebabkan munculnya pendarahan di luar jadwal menstruasi. Kondisi tersebut tentunya membuat Anda sedikit khawatir. Segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kemungkinan yang lebih parah terjadi pada sistem reprduksi.

  1. Perubahan payudara

Tahap awal penggunaan pil KB biasanya menyebabkan terjadinya perubahan pada payudara. Secara umum payudara akan mengeras dan terasa tidak nyaman. Biasanya gejala tersebut muncul pada bulan pertama dan akan hilang dengan sendirinya memasuki 3 bulan.

  1. Berat badan naik

Penggunaan pil KB akan menyebabkan berat badan bertambah secara drastis. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormone yang memicu terjadinya penumpukan lemak yang mengakibatkan berat badan bertambah.

  1. Muncul jerawat/flek

Efek samping lain dari penggunaan pil KB yaitu munculnya jerawat dan flek hitam pada kulit, terutama si bagian wajah. Segera berkonsultasi jika gangguan kulit tersebut terjadi semakin parah dan tak kunjung hilang dalam beberapa minggu.

  1. Suasana hati dan gairah menurun

Pil KB ternyata bisa menimbulkan efek samping terhadap gairah seksual wanita. Pengunaan pil KB bisa menurunkan gairah untuk berhubungan intim sehingga wanita cenderung malas untuk melakukan hal tersebut. Disamping itu, penggunaan pil KB ini bisa berpengaruh terhadap suasana hati atau mood.

Nah, demikian beberap efek samping pil KB. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pil KB, alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dan mempertimbangkannya dengan matang.

Related Posts

Share This