Waspada Dengan Gejala Penyakit Crohn

Penyakit crohn merupakan salah satu jenis penyakit radang usus yang mempengaruhi setiap bagian saluran pencernaan yaitu mulai dari mulut hingga bagian anus. Namun penyakit ini lebih sering terjadi pada bagian ileum atau bagian akhir usus kecil dan juga usus besar. Gangguan kesehatan ini seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang sehingga gejalanya berkembang menjadi sangat parah.

Gejala khas yang mungkin muncul akibat adanya peradangan pada usus yaitu gangguan pencernaan dan juga diare kronis. Namun itu hanya sebagian kkecil gejala yang timbul, masih banyak lagi gejala lainnya yang mungkin terjadi jika seseorang mengalami gangguan penyakit crohn. Seringkali gejala tersebut tidak tampak jelas dan bahkan sebagian orang tidak menyadarinya.

Salah satu penyebab munculnya penyakit crohn adalah radang saluran pencernaan sehingga memicu gangguan kesehatan lainnya atau mengganggu sistem lain didalam tubuh. Jika tidak segera ditangani dengan baik maka hal ini akan memberikan dampak yang sangat mengerikan bagi penderitanya. Maka dari itu penting sekali kiranya untuk mengetahuin gejala penyakit crohn.

Berikut Ini Beberapa Gejala Penyakit Crohn yang Perlu Anda Waspadai

  1. Diare

Salah satu gejala penyakit crohn yang paling umum yaitu diare dalam jangka waktu yang lama yaitu mencapai lebih dari 4 minggu. Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan kronis pada bagian saluran pencernaan.

Akan tetapi tentunya Anda juga harus bisa membedakan antara diare yang menjadi gejala penyakit crohn atau bukan. Hal ini karena tidak semua diare di indikasikan sebagai penyebab penyakit ini. Jika Anda menderita diare yang tak kunjung sembuh maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dengan CT Scan dan tes lainnya.

  1. Sakit Perut

Gejala selanjutnya yang timbul yaitu sakit perut pada bagian kanan bawah dan di bagian bawah pusar. Area tersebut merupakan tempat ileum dan usus buntu dan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang seringkali menyebabkan penyakit crohn. Jika Anda menderita sakit perut pada area tersebut dalam waktu yang lumayan lama dan berulang maka sebaiknya waspada dan segera temui dokter untuk memastikan kondisi tersebut.

  1. Batu Ginjal

Adanya peradangan pada usus dibagian luar menyebabkan penyerapan lemak terganggua sehingga kalsium akan emngikat lemak yang menyebabkan terjadinya pembentukan batu ginjal. Ini adalah salah satu gejala yang ekstrem karena sangata membahayakan.

  1. Berat Badan Turun Secara Drastis

Selanjutnya yaitu berat badan turun secara drastis akibat nafsu makan yang menurun karena terjadi peradangan pada usus. Terkadang usus tidak akan bisa mencerna makanan dengan baik sehingga terjadi pencernaan lambat dan tubuh tidak bisa menyerap nutrisi secara maksimal. Dampaknya yaitu berat badan turun secara drastis.

  1. Perubahan Mata, Kulit dan Mulut

Bahkan penyakit ini juga menyebabkan adanya peradanmgan dan terjadi luka pada kulit, mata dan juga mulut. Biasanya akan muncul tanda merah seperti bekas gigitan serangga atau laba-laba di area kulit yang lunak. Mungkin seringkali gejala ini dianggap sebagai gejala yang biasa aja, namun sebenarnya tubuh Anda terutama saluran pencernaan sedang mengalami gangguan.

Demikian beberapa gejala penyakit crohn yang perlu Anda ketahui. Jika merasa terdapat tanda-tanda tersebut dalam diri Anda maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan menyepelekan gejala tersebut sebab bisa berkembang menjadi lebih parah lagi.

Hindari penyakit crohn dengan menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus. Jika sistem pencernaan terganggu maka hal ini sangat berakibat fatal terhadap kesehatan Anda.

Related Posts

Share This