Waspada!! Berat Badan Anak Rendah Dicurigai Tanda tanda TBC

Anak adalah titipan dari Tuhan yang harus dirawat dan dibesarkan dengan baik. Pada masa pertumbuhan, anak-anak rentan terserang berbagai penyakit. Hal ini mengingat sistem kekebalan tubuhnya belum berfungsi dengan sempurna untuk melawan infeksi penyakit yang disebabkan virus dan bekteri. Disisi lain, kadang orangtua dihadapkan dengan berat badan si kecil yang tak kunjung mengalami peningkatan. Hal ini tentunya membuat Anda kebingungan dan merasa khawatir. Kondisi tersebut memang perlu diwaspadai sebab bisa menjadi salah satu tanda tanda TBC.

Menimbang anak setiap bulan memang perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memantau kesehatan dan tumbuh kembangnya. Perkemkbangan dari segi tinggi dan berat badan menjadi indikator kesehatan anak Anda. Jika berat badan si kecil tak kunjung mengalami peningkatan, sebaiknya Anda jangan terburu-buru merasa khawatir. Pastikan terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Berat rendah pada anak bisa saja disebabkan oleh faktor pola makan dan asupan nutrisi oyang kurang seimbang. Hal ini terntunya harus diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan bahwa si kecil terkena TBC. Seperti yang kita ketahui kbahwa pada tahap pertumbuhan seringkali si kecil kesulitan untuk makan sehingga berimbas terhadap kenaikan berat badan.

Dalam hal ini Anda sebagai orangtua sangat diharuskan untuk mengetahui faktor penyebab berat badan si kecil tak kunjung mengalami peningkatan. Jika penyebabnya sudah diketahui maka akan memudahkan dalam menanganinya. Proses perkembangan anak sangat penting untuk diperhatikan sejak dini untuk menunjang pertumbuhan normal ke tahap selanjutnya.

Berat badan yang tak kunjung meningkat bisa saja diakibatkan karena si kecil kurang mendapat asupan nutrisi seperti vitamin, mineral dan zat gizi penting lainnya. Nah, kondisi itersebut bisa dipicu karena adanya gangguan kesehatan pada saluran cerna si kecil. Kondisi seperti ini yang harus mendapat perhatian serius sebab jika dibiarkan akan memberikan dampak negatif jangka panjang.

Gangguan kesehatan lain yang perlu mendapat perhatian dan penanganan serius yaitu infeksi saluran pernapasan atau TBC. Penyakit yang satu ini memang identik dengan penurunan berat badan, terlebih lagi pada anak kecil. TBC diakibatkan oleh bakteri tuberculosis yang bisa menular dengan mudah pada anak. Lingkungan yang kotor atau tercemar polusi udara merupakan salah satu faktor yang menyebabkan si kecil rentan terkena penyakit ini.

Menurut hasil riset menemukan sekitar 32% kasus anak kurus dikaitkan dengan gejala TBC. Menyikapi hal ini orangtua perlu melakukan tindakan cepat untuk memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter. Kondisi anak kurus tidak sepenuhnya bisa dihubungkan dengan TBC sebelum mendapat diagnose yang pasti dari tim medis. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan dan perhatikan asupan gizi untuk si kecil sehingga berat badannya dalam angka normal/ideal.

Related Posts

Share This