Waspada Beberapa Penyakit Autoimun Yang Berbahaya

Penyakit autoimun merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi ketika sistem imun yang seharusnya menjadi pelindung bagi tubuh justru menyerang. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele karena sangat berbahaya dan berisiko tinggi. Penderita penyakit ini dari hari ke hari kian meningkat dan bahkan sudha banyak korban akibat dari penyakit ini. Bagaimana tidak, ketika pertahan tubuh menyerang justru berbalik menyerang maka akibatnya sangat fatal.

Jenis penyakit autoimun sangat banyak dan beragam. Sebagian mungkin tidak bisa diidentifikasi bahayanya. Namun ada beberapa penyakit yang ternyata gejalanya sangat ganas dan berbahaya. Bahkan proses pengobatannya sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini sebaiknya perlu diwaspadai dan jangan dianggap sepele. Penyakit yang berhubungan dengan sistem imun hendaknya mendapatkan penanganan yang serius sehingga tidak berkembang menjadi sebuah penyakit yang berbahaya.

Apa Saja Jenis Penyakit Autoimun Yang Sangat Berbahaya?

Miokarditis Sel Besar

Apa itu Miokarditis Sel Besar? Penyakit ini merupakan sebuah peradangan pada miokardium atau otot jantung. Penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit yang terbilang sangat langka dan gejalanya perlu diwaspadai. Gejala dari penyakit ini yaitu berupa nyeri dada, pembengkakan tumit, kelelahan, sesak napas dan irama jantung tak beraturan.

Penyakit Grave’s

Penyebab dari penyakit ini yaitu akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga bereaksi berlebihan. Adapun gejala dari penyakit ini yaitu gangguan kulit, penyakit mata dan hipertiroid. Jika tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan komplikasi yang sangat membahayakan jiwa. Komplikasi berupa kerapuhan tulang, gangguan jantung, gangguan tiroid dan gangguan hamil.

Penyakit Addison

Penyakit yang satu ini terjadi ketika kelenjar adrenal tidak lagi berfungsi dengan baik akibat sel-sel imun menyerang kelenjar ini. Gejala dari penyakit ini yaitu kelelahan, otot lemah, penurunan tekanan darah dan denyut jantung serta warna kulit menjadi gelap.

Granuloma Dengan Polyangitis

Akibat dari penyakit ini yaitu terjadi peradangan pada bagian pembuluh darah di bagian hidung, tenggorokan, sinus, ginjal dan paru. Jenis penyakit ini terbilang sangat langka sehingga mengakibatkan sirkulasi darah ke beberapa organ melambat. Apa saja gejalanya? Batuk dahak berdarah, sesak napas, lelah, urine berdarah, dan ada borok di kulit.

Demikian beberapa jenis penyakit autoimun yang harus diwaspadai karena sangat berbahaya. Jangan menyepelekan kesehatan tubuh karena jika sudah terkena dampaknya akan sangat berbahaya untuk keselamatan jiwa. Penyakit autoimun tidak bisa dianggap sepele karena hal ini sangat fatal akibatnya untuk keselamatan jiwa.

Sistem imun merupakan sistem pertahanan tubuh dari berbagai penyakit yang akan mengancam. Nah, jika sistem imun terganggu maka hal ini akan berdampak terhadap ketahanan tubuh. Terlebih lagi jika sistem imun justru balik menyerang tubuh. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan dan berisiko sangat fatal.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun maka sebaiknya jaga kesehatan tubuh dengan pola dan perilaku hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga dan hindari berbagai gaya hidup yang tidak sehat. Dengan menjaga kesehatan tentunya hal ini akan sangat membantu sekali dalam mempertahankan kesehatan dan menjaga sistem imun dengan baik.

Berlaku hidup sehat bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja seringkali banyak orang yang tidak peduli dengan pentingnya hidup sehat sehingga mengabaikan hal tersebut dan baru menyadarinya ketika kondisi kesehatan tubuh sudah terganggu. Hal ini sebaiknya jangan sampai terjadi karena bisa fatal akibatnya jika penyakit autoimun sudah menyerang tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517