Waspada Bahaya Penyakit Sirosis Hati!

Penyakit sirosis hati sering dikatakan sebagai silent killer. Hal ini karena sirosis hati seringkali tidak disadari dan gejalanya terkadang tidak nampak jelas. Padahal sebenarnya penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan. Penyakit ini menunjukan gejala sebelum akhirnya menjadi parah, hanya saja gejalanya terkadang tidak terlihat jelas.

Seperti yang kita ketahui bahwa hati atau liver merupakan salah satu organ vital bagian dalam yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Fungsi hati yaitu diantaranya untuk membuang/menetralisir racun, membuat protein untuk proses pembekuan darah dan menyimpan cadangan glikogen. Nah, maka dari itu penting sekali untuk menjaga fungsi hati dengan cara hidup sehat.

Salah satu penyakit yang rentan menyerang organ hati yaitu sirosis hati. Jenis penyakit ini tergolong mematikan dan sangat berbahaya. Sirosis hati merupakan sebuah kondisi ketika jaringan hati yang normal diganti oleh jaringan parut atau fibrosis. Proses tersebut akan terbentuk secara bertahap. Nah, jaringan parut tersebut yang akan mempengaruhi struktur normal dan regenerasi sel hati. Kondisi tersebut tentunya akan membuat hati kehilangan fungsinya dan rusak.

Pada saat fungsi hati berhenti bekerja maka akan terjadi pembengkakan akibat dari cairan tubuh serta kadar garam banyak menumpuk di bagian rongga perut. Akibat pembengkakan tersebut maka akan mengakibatkan hati tidak akan berfungsi lagi dalam menetralisir sodium. Hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi kurus, kaki bengkak dan mudah lupa.

Penyebab Sirosis Hati

Penyakit sirosis hati secara umum disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau kebiasaan buruk seperti konsumsi obat, alkohol dan riwayat penyakit hepatitis. Pada dasarnya sirosis hati merupakan bentuk akumulasi dari seluruh kerusakan hati sehingga kondisi tersebut sulit disembuhkan, kecuali dengan transplantasi hati. Akan tetapi hal ini sangat sulit sebab donor hati bisa didapatkan dari orang yang sudah meninggal.

Gejala Sirosis Hati

Seperti halnya penyakit lain pada umumnya, sirosis hati juga memiliki gejala  dan tanda-tanda. Akan tetapi penyakit sirosis hati ini gejalanya terkadang tidak mudah dikenali. Namun ada beberapa gejala umum yang bisa Anda sadari yaitu nafsu makan menurun, lemas, mual dan muntah, gatal-gatal, penyakit kuning serta gangguan mental. Lebih lanjut akan terjadi pembengkakan di perut yang merupakan puncak dari kerusakan yang parah.

Penanganan Sirosis Hati

Sirosis hati adalah bentuk dari puncak kerusakan hati. Penyakit sirosis hati tidak bisa diobati. Namun dampaknya bisa dicegah secara perlahan sebelum makin parah. Untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan memberikan penanganan seputar keluhan pada hati. Caranya yaitu dengan mengobati penyakit hepatitis. Selain itu, Anda juga harus meneraokan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, hindari alkohol dan biasakan olahraga. Hati tergolong organ penting yang harus dijaga dengan baik supaya fungsinya tidak terganggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517