Waspada Bahaya MSG Bagi Ibu Hamil!

Vetsin atau MSG (Monosodium Glutamat) merupakan bumbu masakan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang sebagai penyedap rasa. Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi MSG terlalu sering akan berdampak terhadap kesehatan? Disamping itu bahaya MSG bagi ibu hamil sangat beresiko terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

MSG merupakan salah satu bumbu masakan yang diolah dengan cara memfermentasikan tetes tebu dan tepung. Kandungan sodium, glutamate dan air menjadikan MSG mempunyai citarasa gurih jika ditambahkan ke dalam makanan.

Bahaya MSG untuk ibu hamil jika dikonsumsi terlalu berlebihan memang sangat menakutkan. Lalu apa saja bahaya yang ditimbulkan jika terlalu sering mengkonsumsi MSG pada waktu hamil? Berikut ini penjelasaannya!

  1. Berpengaruh terhadap perkembangan otak janin

Salah satu bahaya MSG untuk ibu hamil yaitu degenerasi sel-sel otak atau kerusakan otak pada janin. Kondisi ini tentunya akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin, bahkan pada kondisi yang lebih serius bisa mengakibatkan pertumbuhan janin terhenti.

  1. Gangguan jantung

Konsumsi MSG yang terlalu berlebihan selama hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung janin. MSG bisa mempengaruhi tekanan darah sehingga denyut nadi dan jantung menjadi tidak stabil.

  1. Berpengaruh terhadap kesehatan sistem saraf

MSG bisa menstimulasi neurotransmitter sehingga akan menyebabkan ketidakseimbangan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Penyakit kronis

Mengkonsusmi makanan yang mengandung MSG dalam jumlah yang cukup tinggi akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan bahkan janin. MASG bisa menyebabkan penyakit kronis seperti paru-paru (asma), tiroid, alergi maupun diabetes.

  1. Mengganggu kesehatan mata

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi MSG secara terus menerus akan berpengaruh terhadap kesehatan mata. MSG sangat beresiko merusak retina mata dan bahkan bisa berujung kebutaan.

  1. Obesitas

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG bisa memicu penumpukan lemak yang menyebabkan kelebihan berat baan pada waktu hamil. Mengapa demikian? Hal ini karena MSG bisa memicu rasa lapar sehingga cenderung pola makan tidak terkontrol.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai dampak negatif dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG selama hamil. Penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan makanan yang bergizi dan sebisa mungkin menghindari jenis makanan yang bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin.

Untuk menghindari kemungkinan buruk selama hamil, sebaiknya hindari makanan yang menggunakan penyedap rasa tersebut. Ada baiknya jika Anda membuat olahan makanan sendiri di rumah sehingga lebih terjamin kebersihan dan keamanannya. Karena biasanya kalau makanan yang dijual di restoran atau rumah makan menggunakan penyedap rasa yang mengandung MSG.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517