Waspada Bahaya Makanan Pedas Untuk Kesehatan Anda

Bahaya makanan pedas memang perlu diwaspadai dan tidak boleh dianggap sepele. Jenis makanan di Negeri kita ini memang sangat beragam. Bahkan tidak sedikit makanan yang memiliki citarasa pedas. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggemar makanan pedas memang sangat banyak. Bahkan sebagian orang berpendapat tidak lengkap jika makan tanpa rasa pedas.

Makanan pedas tidak akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Akan tetapi kerap kali kita tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan sehingga mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Pada dasarnya rasa pedas yang berasal dari cabai bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti diare dan sakit maag.

Berikut Bahaya Mangkonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

  • Menyebabkan Maag Akut

Salah satu bahaya terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas yaitu bisa menyebabkan penyakit gastritis atau yang lebih dikenal sebagai maag akut. Biasanya gangguan kesehatan tersebut ditandai dengan diare, mual dan bahkan muntah-muntah.

  • Mempengaruhi Nafsu Makan

Secara tidak langsung kebanyakan mengkonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan nafsu makan berkurang. Oleh karena itu sebisa mungkin makanan pedas sebaiknya dikontrol dan tidak terlalu banyak dikonsumsi sebab hal ini terkait dengan kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang akibat nafsu makan menurun sehingga menghambat asupan nutrisi.

  • Memicu Sakit Kepala

Bahkan kebanyakan mengkonsumsi makanan pedas bisa memicu timbulnya sakit kepala akibat tekanan darah yang meningkat. Gejala sakit kepala tesebut bisa berupa migrain atau sakit kepala pada bagian belakang.

  • Penyakit Tukak Lambung

Penyakit ulkus atau tukak lambung bisa terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah berlebihan. Adapun gejala yang dirasakan yaitu mual, muntah dan perut serasa terbakar. Penyakit yang satu ini tentunya sangat berbahaya jika terus berlanjut dan kemungkinan menyebabkan iritasi sehingga memicu gangguan kesehatan lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

  • Insomnia

Makanan pedas bisa menyebabkan Anda mengalami gejala insomnia pada malam hari. Bahkan jika Anda mengkonsumsi makanan tersebut pada malam hari maka bisa mengganggu kenyamanan pada waktu tidur.

  • Menyebabkan Badan Kurus

Berat badan bisa menurun akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini karena rasa pedas tersebut bisa mengganggu penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan. Namun bagi Anda yang menjalani diet mungkin bisa di coba. Akan tetapi tetap harus berhati-hati dan tidak boleh berlebihan.

Nah, demikian bahaya mengkonsumsi makanan pedas yang perlu Anda ketahui. Makanan pedas memang tidak dilarang namun Anda harus mengontrol asupan makanan tersebut sehingga tidak berlebihan dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Sajian makanan pedas memang sangat menggoda selera makan, terlebih lagi Indonesia sangat kaya akan kuliner. Meskipun begitu bersikap bijaklah untuk mengkonsumsi makanan pedas. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This