Waspada Bahaya Makanan Junk Food Untuk Si Kecil

Makanan junk food tergolong kedalam makanan rendah gizi dan tinggi kalori. Hal ini karena junk food identik dengan kandungan lemak, karbohidrat dan gula. Menurut badan kesehatan dunia (WHO) bahwa makanan yang tergolong kategori junk food yaitu makanan kalengan, makanan yang digoreng, makanan dari daging berlemak dan jeroan serta makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Mengkonsumsi makanan junk food bisa menyebabkan resiko kesehatan pada si kecil. Salah satunya yaitu gigi berlubang, kenaikan berat badan berlebih dan resiko infeksi beragam jenis penyakit. Nah, maka dari itu, konsumsi makanan junk food hendaknya dibatasi atau kalau bisa dihindari supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan pada anak.

Selain jenis makanan, yang tergolong junk food juga meliputi jenis minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Contohnya seperti minuman kalengan bersoda. Untuk menghindarkan si kecil dari konsumsi minuman yang tidak sehat tersebut alangkah lebih baiknya jika Anda menggantinya dengan memberikan jus buah-buahan segar.

Kebanyakan minuman kemasan kaleng mengandung pemanis buatan dan juga pengawet. Jika dikonsumsi oleh anak dalam jangka panjang dan terus menerus maka kemungkinan akan menyebabkan berbagai resiko penyakit terkait hal tersebut. Bahkan bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak.

Kebanyak junk food mengandung lemak jahat yang beresiko terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah sehingga hal ini bisa berakibat terhadap penyakit jantung dan kelebihan berat badan yang tidak terkontrol atau obesitas.

Tidak hanya kandungannya yang berbahaya, mengkonsumsi junk food bisa menjadi sebuah kebiasaan yang menjurus kecenderungan kecanduan. Bahkan jika si kecil sudah terbiasa sejak kecil mengkonsumsi makanan tersebut maka bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga dewasa. Maka dari itu, penting sekali untuk memperkenalkan makanan sehat pada anak sejak dini untuk menghindari resiko pola hidup tidak sehat.

Mengenalkan sejak dini pentingnya mengkonsumsi makanan sehat untuk anak memang sanagt penting untuk menghindari kecanduan terhadap makanan tidak sehat tersebut. Lau tindakan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah si kecil supaya tidak mengkonsumsi junk food?

Tips Untuk Menghindarkan Si Kecil Dari Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food

  1. Jangan mengenalkan junk food pada anak. Anda sebagai orangtua hendaknya menjadi teladan yang baik bagi anak. Jangan melarang anak namun Anda sendiri mengkonsumsinya. Sebisa mungkin jangan pernah menghadirkan junk food dalam menu makan keluarga.
  2. Tanamkan komitmen dalam keluarga untuk tidak mengkonsumsi junk food dan beritahu keluarga yang lain supaya tidak membawa junk food jika berkunjung.
  3. Buatlah kreasi makanan bergizi untuk si kecil. Dengan menyajikan makanan yang menarik dan bervariasi setiap harinya maka akan membuat si kecil terbiasa dengan makanan sehat. Berika pula pengertian pada anak akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

Nah, demikian bahaya dan tips untuk menghindarkan si kecil dari konsumsi junk food. Pola makan sehat memang perlu diterapkan sejak dini pada anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This