Waspada Bahaya Gula Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Gula menjadi salah satu komponen bahan makanan yang sepertinya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kebanyakan orang. Gula memang berperan sebagai pemanis untuk makanan maupun minuman. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh juga membutuhkan asupan gula yang cukup guna menghasilkan energy. Namun dibalik rasanya yang manis jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bahaya gula bisa sangat fatal untuk tubuh.

Berdasarkan rekomendasi dari Kementrian Kesehatan RI bahwa konsumsi gula setiap orang per hari adalah 4 sendok makan atau setara dengan 50 gram. Batasan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari risiko masalah kesehatan akibat kelebihan konsumsi gula seperti penyakit yang sudah tidak asing lagi yaitu diabetes. Bersikap bijaklah dan batasi konsumsi gula demi kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang masih belum menyadari bahaya gula yang dikonsumsi secara berlebihan, berikut ini simak penjelasannya!

Gula Menyebabkan Ketagihan

Ternyata gula termasuk dalah satu jenis makanan yang bisa menyebabkan orang menjadin ketagihan atau bersifat adiktif. Pada waktu mengkonsumsi gula, otak akan terstimulus untuk melepaskan dopamin sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya ketagihan. Nah, maka dari itu sebaiknya batasi konsumsi gula sehingga tidak menjadi sebuah kebiasaan yang tidak terkontrol untuk mengkonsumsinya.

Mempercepat Penuaan

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman manis tinggi gula sebaiknya waspada dengan bahaya gula untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Perlu Anda ketahui bahwa konsumsi gula bisa menyebabkan penuaan secara cepat, Mengapa demikian? Hal ini karena konsumsi gula secara berlebihan bisa memecah kolagen dan elastin pada kulit sehingga membuat kulit menjadi keriput dan kendur.

Kolagen dan elastin merupakan komponen yang membantu memperbaiki sel-sel pada kulit untuk menjaga kesehatan dan elastisitasnya. Jika kedua komponen tersebut terganggu maka secara tidak langsung akan mempercepat kerusakan kulit.

Menurunkan Kinerja Otak

Gula berlebih yang dikonsumsi oleh seseorang bisa menurunkan tingkat kemampuan dari BDNF (brain derived neurotrophic factor). BDNF merupakan bagian yang membanjtu otak untuk membentuk ingatan atau memori dan membantu otak untuk belajar. Jika terganggu maka kemampuan otak menurun sehingga daya ingat berkurang dan akan mengalami kesulitan dalam mempelajari suatu hal. Bahkan hal ini menurunkan kemampaun kognitif.

Makan Berlebihan

Bahaya gula selanjutnya yaitu bisa menyebabkan makanan berlebih karena konsumsi gula yang terlalu tinggi akan mematikan sistem oksitosin anorexigenic pada otak. Yang merupakan hormone yang memberikan sinyal pada tubuh bahwa sudah mendapatkan makanan dengan cukup. Ketika hormone tersebut kinerjanya terganggu maka tubuh akan senantiasa merasa lapar sehingga pola makan tidak terkendali. Hal ini tentunya akan berdampak pada kenaikan berat badan berlebih atau obesitas.

Nah, demikian beberapa bahaya gula yang perlu diwaspadai supaya tidak berdampak buruk untuk kesehatan Anda di masa sekarang dan yang akan datang. Gula memang manis namun jika tidak bijak mengkonsumsinya akan memberikan efek yang pahit untuk kesehatan dalam jangka panjang. Banyak sekali penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. Salah satunya jenis penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita yaitu penyakit gula darah atau diabetes.

Perhatikan konsumsi gula dengan bijak untuk hidup yang lebih baik, lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Mulai saat ini juga untuk membatasi gula pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi gula, namun harus bijak dalam mengkonsumsinya supaya tidak berlebihan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This