Waspada Bahaya Buah Cempedak Bagi Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu anugerah terindah bagi setiap pasangan suami istri dan menjaga kehamilan menjadi tanggung jawab bersama. Pada dasarnya menjaga kehamilan bukanlah perkara yang sulit, hanya saja dalam hal ini banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan akan hal tersebut sehingga beranggapan sebagai hal yang sulit. Penerapan pola hidup sehat adalah salah satu kunci memperoleh kehamilan yang sehat pula. Namun terlepas dari hal tersebut yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai bahaya buah cempedak bagi kehamilan.

Cempedak merupakan salah satu jenis buah yang hampir mirip dengan nangka. Akan tetapi cempedak memiliki rasa yang jauh berbeda dengan buah nangka. Buah cempedak memiliki bau yang tajam namun rasanya manis. Pada saat ini buah cempedak sangat sulit untuk diperoleh karena populasinya yang mulai langka.

Lalu Apa Saja Bahaya Cempedak Bagi Ibu Hamil?

  1. Meningkatkan Asam Lambung

Seperti halnya nangka, cempedak adalah salah satu buah yang tidak begitu direkomendasikan untuk ibu hamil. Hal ini karena buah cempedak bisa meningkatkan kadar asam lambung pada ibu hamil sehingga akan memicu mual, kembung dan perih. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah yang satu ini untuk menghindari resiko bahaya pada janin.

  1. Perut Kembung

Bahaya selanjutnya dari buah cempedak yaitu bisa menyebabkan perut kembung sehingga memicu mual pada ibu hamil. Kondisi seperti ini tentunya berbahaya karena bisa mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan janin. Perut kembung bisa menurunkan nafsu makan ibu hamil.

  1. Kontraksi Dini

Yang paling dikhawatirkan dari bahaya cempedak yaitu menimbulkan reaksi kontraksi sebelum waktunya sehingga memicu kelahiran secara prematur. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari buah yang satu ini dan memilih konsumsi buah jenis lain yang tidak akan menimbulkan bahaya pada kehamilan.

  1. Meningkatkan Suhu Pada Janin

Kadar asam lambung yang meningkat dikhawatirkan akan memicu suhu panas sehingga menyebabkan perubahan suhu pada janin. Kondisi seperti ini tentunya sangat beresiko terhadap perkembangan janin dan rentan terhadap gangguan.

Cempedak sebenarnya memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh. Hanya saja jika dikonsumsi ibu hamil akan menimbulkan reaksi yang berbeda akibat dari kandungan asam dan gas yang bisa mempengaruhi produksi asam lambung.

Sebisa mungkin cempedak dihindari selama hamil untuk menghindari resiko yang berbahaya terhadap kesehatan janin didalam kandungan. Anda bisa mengkonsumsi jenis buah yang lain yang terbilang aman seperti pisang, apel, jeruk, alpukat dan anggur.

Mematuhi semua pantangan pada waktu hamil maka Anda akan terhindar dari resiko berbahaya pada janin. Selain itu, kehamilan yang Anda jalani akan terasa sangat menyenangkan tanpa gangguan apapun. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517