Waspada Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

Menghisap rokok nampaknya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Meskipun sudah banyak peringatan tentang bahaya merokok, namun hal tersebut tidak menyurutkan para perokok untuk berhenti dari aktivitas tersebut. Bahaya asap rokok tidak hanya bagi perokok aktif, akan tetapi akan berdampak terhadap orang disekitar (perokok pasif). Bahkan yang paling mengkhawatirkan adalah bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

Bahaya merokok bagi ibu hamil salah satunya yaitu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Bahkan ibu hamil yang bukan perokok saja, akan tetapi sering terpapar oleh asap rokok maka akan merasakan dampak buruk tersebut. Hal ini karena asap rokok yang terhirup akan mencemari oksigen dan akan terserap oleh janin melalui plasenta. Kondisi seperti ini secara otomatis akan meracuni janin.

Menurut sebuah study di American Association for Cancer Research di Washington mengemukakan bahwa bahaya rokok bagi ibu hamil bisa mengakibatkan kerusakan genetik yang merupakan pemicu awal penyakit kanker dan leukemia. Bahaya rokok yang lainnya bagi ibu hamil yaitu sebagaiĀ  berikut:

  1. Keguguran

Salah satu bahaya rokok bagi ibu hamil yaitu akan menyebabkan keguguran. Hal ini karena rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang berasal dari tembakau dan komponen lain yang digunakan dalam pembuatan rokok.

  1. Berat badan bayi tidak normal

Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok kemungkinan akan melahirkan bayi dengan berat badan normal. Disamping itu, jika bayi terlahir normal maka kemungkinan pertumbuhannya akan terhambat. Kondisi seperti ini terjadi karena aliran oksigen selama hamil dipengaruhi oleh zat nikotin dari rokok. Perlu Anda ketahui bahwa nikotin memiliki efek samping yaitu mempersempit pembuluh darah sehingga aliran oksigen/darah yang membawa nutrisi akan terhambat sehingga janin kekurangan gizi dan pada akhirnya lahir dalam keadaan kurus.

  1. Lahir prematur

Pada sebagian kasus, ibu hamil yang terpapar asap rokok menyebabkan janin di dalam kandungan meninggal. Namun pada beberapa kasus yang terjadi, paparan asap rokok tidak menyebabkan janin meninggal akan tetapi berujung dengan kelahiran secara prematur. Zat racun dari rokok menghambat perkembangan janin sehingga hal ini menyebabkan rahim secara otomatis akan menolak dan mengeluarkan janin. Jika hal ini terjadi pada awal kehamilan maka akan terjadi keguguran.

  1. Penyakit paru-paru

Jika selama hamil sering terpapar asap rokok, maka kemungkinan bayi yang Anda lahirkan akan mengidap penyakit paru-paru. Zat kimia dari rokok akan mengakibatkan perkembangan paru-paru terhambat.

  1. Gangguan perilaku

Efek samping jangka panjang asap rokok bagi ibu hamil yaitu akan melahirkan anak dengan gangguan perilaku ataupun mengalami maslaah konsentrasi. Hal ini diakibatkan oleh penyampitan pembuluh darah pada plasenta sehingga asupan oksigen kurang.

Demikian bahaya asap rokok bagi ibu hamil. Alangkah lebih baiknya jika Anda menghindari rokok maupun perokok pada waktu hamil. Hal ini untuk menunjang perkembangan janin dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akibat bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

Related Posts

Share This