Waspada Bahaya AC Untuk Kesehatan Anda

Bahaya ac untuk kesehatan mungkin banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan ac untuk menyeimbangkan suhu ruangan yang panas memang dinilai lebih efektif. Terlebih lagi dengan kondisi cuaca saat ini yang semakin panas akibat pemanasan global. Maka dari itu tidak mengherankan jika kini banyak ruangan dan rumah terutama di wilayah perkotaan yang menggunakan ac sebagai pendingin ruangan.

Penggunaan ac memang terbilang salah satu cara yang paling efektif ubntuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Akan tetapi meskipun begitu ternyata penggunaan ac dalam jangka panjang bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Efek negatif menggunakan ac memang tidak akan dirasakan secara langsung namun hal ini bersifat bahaya jangka panjang dan hal ini perlu Anda waspadai.

Berikut Bahaya AC Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Waspadai

  • Kesehatan Kulit

Salah satu bahaya ac yaitu menyebabkan kulit kering dan selaput lendir pada kulit berkurang. Bahkan dalam jangka panjang menyebabkan kulit kering dan iterjadi iritasi. Selain itu, akibat terlalu lama menggunakan ruangan ac menyebabkan alergi pada kulit.

  • Kesehatan Paru-paru

Ruangan Ac cenderung lebih lembab sehingga hal ini bisa mempengaruhi pada sistem pernafasan terutama paru-paru. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan penyakit bronkitis akut ataupun TBC. Ruangan lembab bisa memicu perkembangan atau infeksi bakteri pada paru-paru.

  • Pusing dan Sakit Kepala

Beberapa model AC mengelurkan bunyi bising sehingga hal ini menyebabkan sakit kepala dan pusing. Lebih tepatnya kondisi tersebut menjadi pemicu migrain.

  • Alergi

Ruangan yang menggunakan ac cenderung memiliki sirkulasi udara yang buruk sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab alergi. Debu yang terperangkap di ruangan tersebut akan menyebabkan kualitas udara semakin buruk dan memicu timbulnya alergi.

  • Penularan Mikroorganisme

Ruangan tertutup dan menggunakan ac memiliki sirkulasi udara yang sangat buruk sehingga hal ini menyebabkan perpindahan mikroorganisme semakin mudah. Apabila ada salah seorang yang sakit maka bisa menular dengan sangat cepat.

  • Mudah Lelah

Orang yang biasa berada di ruangan yang menggunakan ac biasanya lebih mudah lelah akibat sirkulasi udara yang buruk mempengaruhi oksigen dalam darah. Selain itu juga bisa menyebabkan seseorang tidak tahan panas ketika keluar ruangan.

  • Resiko Penyakit Mata

Orang yang sebagian besar menghabiskan waktu di dalam ruangan ac sangat beresiko terhadap kelainan mata seperti konjungtivas dan blepharitis.

Penggunaan ac memang sangat efektif untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih sejuk, namun disamping itu ada dampak buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Sebaiknya Anda mewaspadai hal tersebut sebelum dampak buruk menyerang Anda. Berhati-hatilah dan pertimbangkan penggunaan ac.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517