Waspada! Akibat Kelebihan Vitamin C Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Vitamin C merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Salah satu manfaat vitamin C yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Disamping itu, vitamin C juga sangat efektif digunakan dalam perawatan kulit. Hal ini telah banyak digunakan oleh produk kecantikan. Namun meskipun memiliki banyak manfaat, Anda harus lebih bijak sebab akibat kelebihan vitamin C bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang bersifat fatal.

Pada dasarnya vitamin C bisa kita peroleh dari sumber makananan seperi buah dan sayur. Salah satu contohnya yaitu seperti buah nanas, jeruk, brokoli, tomat dan jenis lainnya. Nampaknya vitamin C yang dikonsumsi dari bahan alami tidak terlalu beresiko mengganggu kesehatan. Yang seringkali menjadi masalah adalah penggunaan produk kecantikan atau suplemen vitamin C dengan dosis yang terlalu berlebihan.

Asupan vitamin C hendaknya sesuai dengan angka kecukupan gizi (AKG) dan disesuaikan dengan tahapan usia. Dosis vitamin C untuk anan-anak usia 7-9 tahun yaitu sekitar 45 mg/hari, usia remaja laki-laki 50-75 mg/hari, remaja perempuan 50-65 mg/hari, dewasa laki-laki 90 mg/hari dan remaja perempuan sebesar 75 mg/hari.

Vitamin C tidak akan menimbulkan efek samping dan gangguan kesehatan jika dikonsumsi sesuai dengan dosis normal. Namun jika mengkonsumsinya dengan dosis yang berlebihan, maka hal ini beresiko terhadap gangguan kesehatan. Apa saja bahaya kelebihan vitamin C bagi kesehatan tubuh?

Berikut Ini Masalah Yang Mungkin Timbul Akibat Kelebihan Vitamin C

  1. Salah satu efek samping akibat kelebihan vitamin C yaitu menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Vitamin C yang terlalu berlebihan mengakibatkan gangguan pencernaan yaitu iritasi pada lambung, penyakit gangtritis dan diare.
  2. Penyerapan vitamin B12 akan terganggu jika asupan vitamin C melebihi dosis yang seharusnya. Jika hal ini terjadi maka akan berpengaruh terhadap pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf otak.
  3. Mengkonsumsi vitamin C melebihi dosis yang seharusnya (2000 mg/hari) maka beresiko menyebabkan gangguan yang berkaitan dengan kerusakan pada jaringan otak.
  4. Bahkan asupan vitamin C yang melebihi dosis akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam kandung kemih. Nah, hal inilah yang menyebabkan gangguan pada ginjal.
  5. Bagi Anda yang menggunakan vitamin C untuk perawatan kecantikan kulit, sebaiknya lebih waspada. Jika terjadi kelebihan vitamin C maka akan menyebabkan terjadinya alergi dan iritasi kulit.
  6. Konsumsi vitamin C melebihi dosis yang seharusnya juga terkadang bisa memicu mual, pusing dan bahkan muntah.
  7. Dalam proses pengobatan, terutama kanker maka asupan vitamin C harus benar-benar diperhatikan sebab bisa mengganggu penyerapan obat.

Demikian efek negatif akibat kelebihan vitamin C. Maka dari itu, konsumsilah vitamin C dalam batas yang wajar sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Related Posts

Share This