Waspada, Adanya Bercak Putih Pada Kulit Bisa Jadi Bukan Panu!!

Bercak putih pada kulit. Penting untuk Anda ketahui, bahwa kulit Anda merupakan salah satu tameng utama yang paling penting bagi tubuh. Mengapa? Karena jika Anda terkena inveksi, bakteri atau bahkan jamur, maka bagian kulit Anda yang pertama kali akan berinteraksi secara langsung dengan virus atau bakteri tersebut. Maka dari itu, kulit akan sangat rentan mengalami masalah kesehatan serta sangat mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

Dan salah satu jenis penyakit kulit yang umum terjadi dan paling kronis yaitu penyakit kulit psoriasis. Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit kulit kronis yang mana menyebabkan munculnya bercak putih yang disertai dengan gatal, bagian kulit yang bersisik serta terjadinya peradangan pada sekitar kulit. Jenis penyakit in ibis amuncul di bagian kulit mana saja, akan tetapi umumnya penyakit ini akan muncul di bagian kulit siku, lutut, kaki, punggung, serta bagian kulit kepala.

Untuk sampai ini, penyebab utama dari jenis penyakit kulit ini masih belum diketahui secara pasti. Namun adanya kelainan terhadap sistem kekebalan serta faktor genetic di yakini memiliki peranan penting terkait jenis penyakit yang satu ini.

Jika pada orang normal yang tidak memiliki jenis penyakit apapun, terjadinya pergantian sel-sel mati guna membentuk sejumlah sel kulit baru akan terjadi kurang lebih selama 1 bulan, namun untuk orang yang menderita penyakit psoriasis, biasanya mereka akan mengalami pergantian sel kulit mati dengan waktu yang cukup singkat. Proses pergantian sel kulit mati oleh sel kulit baru yang dialami oleh seseorang yang menderita psoriasis hanya akan berlangsung dalam hitungan hari, bukan minggu.

Adanya sistem kekebalan tubuh yang mengalami kerusakan bisa membuat bagian sinyal siklus pertumbuhan dari sejumlah sel mengalami peningkatan. Dan akibatnya, beberapa lapisan kulit akan mengalami pembangunan dalam waktu yang cukup singkat. Dan ketika hal tersebut terjadi, maka kulit akan membentuk serpihan kerak yang berwarna putih .

Karena adanya pengaruh dari sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah, maka psoriasis juga dianggap sebagai salah satu jenis penyakit autoimun yang terjadi pada tubuh, dan penyakit ini sama halnya dengan penyakit lupus eritematosus serta penyakit rheumatoid arthritis yang terjadi pada seseorang.

Dan gejala umum yang bisa Anda temukan pada jenis penyakit ini yaitu, terjadinya peradangan terhadap kulit dengan ditandai bercak berwarna putih di permukaan kulit. Dan bercak-bercak inilah yang disebut dengan plak psoriasis.

Nah, jika Anda mengalami bercak putih di permukaan kulit tertentu, serta bercak yang terjadi tersebut membentuk sebuah kerak, maka segeralah Anda untuk mengecek pada dokter, guna mengetahui apakah hal yang Anda alami ini merupakan jenis penyakit serius yang harus mendapatkan pertolongan yang tepat.

Related Posts

Share This