Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih

Mungkin Anda sering mendengar ungkapan minum air putih idealnya 8 gelas setiap hari. Namun pada faktanya banyak orang yang minum air putih hanya ketika haus saja dan tidak memperhatikan jumlahnya. Kebiasaan tersebut tentunya bukanlah hal yang baik dan harus segera diubah mulai saat ini juga. Hal ini karena minum air putih ada cara dan waktu yang tepat sehingga akan berdampak positif untuk kesehatan.

Believe it or not, fungsi air dalam tubuh memang sangat penting diantaranya yaitu membuat rambut berkilau, menurunkan berat badan bagi yang obesitas, menjaga kelembaban kulit, mmembantu proses pencernaan dan juga diperlukan oleh otak.

Namun tidak selamanya air bemanfaat bagi tubuh jika Anda salah dalam hal cara dan waktu mengkonsumsinya. Justru hal tersebut akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Simak penjelasan berikut ini.

Berikut Cara dan Waktu Yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Air Putih

  1. Minum Air Putih 1 Hingga 2 Gelas Setelah Bangun Tidur

Biasakan untuk minum air putih 1 hingga 2 gelas setelah bangun tidur untuk membantu sistem metabolisme tubuh sehingga lebih baik. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Untuk menambah khasiatnya maka berikan tambahan air lemon atau madu dan kayu manis. Selain rasanya yang semakin menyegarkan, khasiatnya juga semakin bertambah dan berlipat untuk tubuh Anda sehingga lebih bersemangat menghadapi aktivitas sehari-hari.

  1. Jangan Minum Ditengah-tengah Makan

Mungkin ada sebagian orang yang minum ditengah-tengah makan. Padahal sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan karena bisa mencairkan enzim pencernaan sehingga kinerjanya tidak efektif untuk mencerna makanan.

  1. Minum Air Putih Setengah Jam Sebelum Makan

Hal ini bertujuan untuk menurunkan berat badan. Minum sebelum makan akan membantu mempersiapkan lambung sebelum diisi oleh makanan. Dengan begitu maka tdak akan terjadi penumpukan kalori dan lemak yang memicu kenaikan berat badan secara drastis.

  1. Minum Air Putih Saat Sedang Lapar

Hal ini bertujuan untuk mencegah Anda supaya tidak ngemil. Terlebih lagi jika lapar tersebut dirasakan pada malam hari. Dengan minum air putih maka akan membantu mempertahankan berat badan ideal Anda.

  1. Minum Air Putih Saat Sedang Lelah

Perlu Anda ketahui bahwa sekitar 75% otak kita tersusun oleh air. Oleh karena itu, saat Anda sedang lelah maka sebaiknya minum air putih untuk membantu menyegarkan otak Anda. Dengan begitu maka Anda akan bersemangat kembali untuk melanjutkan aktivitas.

  1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sakit

Dengan asupan cairan yang mencukupi maka akan membantu tubuh untuk proses penyembuhan. Maka dari itu, jika sakit sebaiknya konsumsi air putih sehingga tubuh akan kembali fit dan segar.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara dan waktu yang tepat minum air putih untuk memperoleh khasiatnya yang sungguh luar biasa.

Related Posts

Share This