Waktu yang Tepat Untuk Mengecek Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol. Penting untuk Anda waspadai, semakin bertambahnya usia, maka semakin besar pula resiko penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Bahkan, sangat banyak faktor yang memang bisa menyebabkan kita terserang oleh penyakit, dimulai dari jenis makanan yang kita konsumsi, rasa stress hingga pola hidup kita. Dan salah satu jenis penyakit yang saat ini menjadi momok yang sangat menakutkan yaitu kadar kolesterol yang tinggi.
Kolesterol sendiri bukan hanya bisa menyerang orang dewasa atau lanjut usia, karena kaum muda pun bisa terserang oleh jenis penyakit ini, terutama jika Anda kurang memperhatikan pola makan Anda.

Keadaan kadar kolesterol yang tinggi pastinya akan sangat menghambat sistem kerja sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin untuk mengecek kadar kolesterol Anda, agar Anda bisa mengatasi sejak dini jika ada hal yang tidak diinginkan.

Jika seperti itu, kapan waktu yang tepat untuk mengecek kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Sekali dalam Setahun

Bagi Anda yang memang tidak pernah merasakan adanya gejala-gejala kolesterol yang tinggi, Anda jangan senang dulu. Karena Anda tetap harus mengecek tingkat kadar kolesterol Anda, hal ini di lakukan sebagai tindakan untuk pencegahan. Anda bisa melakukan pengecekan minimal satu kali dalam satu tahun.

2. Tiga hingga Empat Kali dalam Setahun

Bagi Anda yang memang sudah mendapatkan diagnose kolesterol tinggi, maka wajib hukumnya bagi Anda memeriksakan diri sebanyak 3-4 kali dalam satu tahun, dengan tujuan untuk terus mengontrol kadar kolesterol yang ada did alam darah. Karena jika kadar kolesterol terus meningkat, maka bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit yang serius, salah satunya penyakit jantung.

3. Wanita di Atas Usia 45 tahun

Memang benar, sebaiknya Anda mengecek kadar kolesterol Anda ketika Anda memasuki usia 20 tahun, hal ini bertujuan guna mencegah terjadinya penyakit yang semakin memburuk. Namun, kadar kolesterol yang ada di dalam darah manusia pada dasarnya akan terlihat resikonya di usia 45 tahun.

Nah, jika Anda memang masih berada di tentang usia 20 tahun, maka tidak ada salahnya jika Anda rutin memeriksakan diri serta menjaga pola makan dan pola hidup Anda agar Anda bisa terhindar dari resiko kadar koleterol yang tinggi. Anda juga jangan pernah lupa untuk mengunjungi dokter ahli untuk mengkonsultasikan hal tersebut.

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, agar Anda bisa terhindar dari serangan penyakit kadar koleterol yang tinggi, maka ANda harus mencegah penyakit tersebut sejak dini. Dan salah satu cara awal yang harus Anda lakukan yaitu mengecek kadar kolesterol yang ada di dalam darah Anda.

Related Posts

Share This