Waktu Tidur Yang Ideal Untuk Bayi Berdasarkan Tahapan Usia

Lama waktu tidur setiap bayi tentunya berbeda-beda tergantung tahapan usianya. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama. Namun seiring dengan bertambahnya usia bayi maka waktu tidurnya akan perlahan berkurang. Bayi yang baru lahir belum mempunyai kemampuan untuk membedakan waktu siang dan malam sehingga kebiasaan tidurnya mengikuti ritme pada waktu berada di dalam rahim.

Pada umumnya bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur minimum 16 jam per hari. Sebagian bayi bahkan tidur sampai 18 jam per hari dengan rentang waktu 3 – 4 jam untuk setiap sesinya. Bayi akan tertidur selama 3 jam kemudian terbangun karena merasa lapar dan kemudian tidur lagi setelah kenyang. Ahli kesehatan anak menyarankan supaya bayi tidak tidur dalam keadaan perut kosong atau tanpa disusui.

Berikut Lama Waktu Tidur Untuk Bayi Berdasarkan Usia

  • Bayi usia 1 – 4 minggu

Bayi yang baru lahir memiliki lama waktu tidur minimum 16 jam per hari. Namun terkadang sebagian bayi memiliki waktu tidur yang lebih lama yaitu sekitar 18 jam. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang baru lahir belum bisa membedakan siang dan malam sehingga waktu tidurnya tidak berpola. Selain itu, bayi yang terlahir prematur akan memiliki waktu tidur yang lebih lama setiap harinya.

  • Bayi usia 1 – 4 bulan

Ketika memasuki usia satu bulan, bayi mulai memiliki pola tidur dan biasanya bayi menghabiskan waktu tidur selama 5 jam dalam sekali tidur. Kemampuan bayi sudah semakin berkembang sehingga muali bisa merasakan suasana siang dan malam.

  • Bayi usia 5 – 12 bulan

Waktu yang tidur yang ideal untuk bayi pada usia tersebut yaitu sekitar 15 jam. Akan tetapi ketika bayi mulai menginjak usia 11 bulan, intensitas tidurnya akan berkurang menjadi 12 jam per hari. Pada tahapan ini Anda sudah bisa untuk mulai menerapkan pola tidur pada bayi. Penting sekali untuk menerapkan pola tidur pada usia ini karena akan menjadi kebiasaan bayi di masa mendatang.

  • Bayi usia 1 – 3 tahun

Memasuki usia batita, bayi Anda kini memiliki waktu tidur 12 – 14 jam per hari. Pada tahapan ini bayi hanya tidur pada waktu siang dan dilanjutkan pada malam hari. Setiap kali tidur, bayi memerlukan 3 – 4 jam. Pada malam hari biasanya si kecil tidur mulai jam 7 sampai jam 9.

  • Anak- Usia 3 – 6 tahun

Pada tahapan ini si kecil mempunyai kebiasaan tidur malam dari jam 7 sampai jam 9 malam. Ketika anak memasuki usia 3 tahun maka kebiasaan tidur siang tidak terlalu dibutuhkan. Namun meskipun begitu ada anak  yang masi membutuhkan waktu untuk tidur siang. Kebiasaan ini perlahan akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Anda sebagai orangtua harus membiasakan pola tidur yang tepat untuk menunjang perkembangan anak. Hal ini karena proses pertumbuhan lebih banyak terjadi pada waktu tidur. Jangan membiarkan si kecil tidur dengan waktu yang tidak teratur karena bisa menghambat pertumbuhannya. Pola tidur yang ideal sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil saat ini dan waktu yang akan datang. Untuk mnendapatkan kualitas tidur yang baik maka sangat dianjurkan untuk menciptakan suasana kamar tidur yang aman dan nyaman bagi si kecil.

Related Posts

Share This