Vitamin dan Mineral Sebagai Nutrisi Penting Untuk Anak

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan dan kecerdasan anak dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu faktor nutrisi yang meliputi vitamin dan mineral.

Vitamin untuk anak bisa diperoleh dari sumber makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur dan jenis makanan sehat lainnya. Namun terkadang banyak orangtua yang kebingungan tentang jenis vitamin dan mineral apa saja yang dibutuhkan dalam tahap pertumbuhan anak. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh anak.

Berikut Jenis Vitamin dan Mineral Penting Untuk Anak

  1. Vitamin A

Salah satu vitamin yang baik untuk anak yaitu vitamin A. Nutrisi yang satu ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, menjaga kesehatan kulit, mata, memperbaiki jaringan tulang dan meningkatkan sistem imun anak. Vitamin A bisa diperoleh dari sumber makanan seperti wortel, labu, susu, keju dan telur.

  1. Vitamin B kompleks

Sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks yaitu daging, ikan, kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian, ayam dan keju. Fungsi dari vitamin B kompleks yaitu membantu proses metabolisme, memperlancar sirkulasi darah, menjaga kesehatan sistem saraf dan menghasilkan energi.

  1. Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena bersifat sebagia antioksidan. Selain itu, vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan kulit, membantu pertumbuhan otot serta jaringan ikat. Vitamin C bia diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

  1. Vitamin D

Sumber alami vitamin D adalah sinar matahari. Namun disamping itu, vitamin D bisa diperoleh dari sumber makanan seperti minyak ikan, susu dan produk olahan susu. fungsi vitamin D bagi anak yaitu untuk membantu penyerapan kalsium sehingga menunjang pertumbuhan tulang dan gigi.

  1. Zat besi

Mineral seperti zat besi diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah. Zat besi bisa diperoleh dari sumber makanan seperti kacang-kacangan, bayam, kalkun, daging sapid an daging merah jenis lainnya.

  1. Kalsium

Fungsi utama dari kalsium adalah untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi anak. Kalsium bisa diperoleh dari ikan tuna, susu, keju, tahu, yoghurt, salmon dan sereal. Selain itu kalsium juga bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran tertentu.

Itulah jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Perlu Anda ketahui bahwa tidak boleh memberikan vitamin dalam jumlah yang berlebihan karena bisa mengakibatkan overdosis yang membahayakan kesehatan anak. Hindari memberikan vitamin dalam bentuk pil. Alangkah lebih baiknya jika Anda memberikan asupan vitamin yang berasal dari sumber murni seperti makanan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517