Vitamin C Untuk Anak, Berapa Dosis yang Dibutuhkan?

Salah satu zat yang memang di butuhkan oleh balita untuk membantunya dalam tumbuh kembang yaitu vitamin C untuk anak. Vitamin yang memang banyak ditemukan dalam buah-buhan yang memiliki rasa sedikit masam ini sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil, terutama kesehatan gusi, tulang, sel darah serta jaringan tubuh si kecil.

Bukan hanya itu, berbagai jenis penyakit juga tidak akan mudah menyerang si kecil jika memang mereka cukup mendapatkan asupan vitamin C. Dan pertanyaannya, berapa dosis vitamin C yang di butuhkan si kecil?

Vitamin C ini merupakan vitamin untuk anak yang harus terpenuhi dengan baik. Dan anak-anak yang masih berusia 1-3 tahun membutuhkan vitamin C sebantak 15 miligram setiap harinya. Sedangkan batasan maksimal dosis vitamin C yang memang aman untuk masuk kedalam tubuh si kecil setiap harinya yaitu sebanyak 400 miligram.

Namun jika usia si kecil sudah jauh lebih besar, yaitu ketika si kecil berusia 4 tahun ke atas, maka dosis vitamin C yang akan mereka butuhkan juga akan meningkat, yaitu sekitar 25 miligram setiap harinya. Dan batasan aman vitamin C yang masuk kedalam tubuh si kecil setiap harinya yaitu 650 miligram.

Anda tidak perlu merasa khawatir kalau si kecil kekuranagn asupan vitamin C, jika si kecil menyukai buah-buhan. Karena pada dasarnya, semua jenis buah-buhan memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu tumbuh kembang anak, hanya saja dalam jumlah yang berbeda.

Ada beberapa jenis buah yang memang diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, diantaranya yaitu buah jeruk, buaj jambu, papaya, dan mangga. Dalam setengah cup jus jeruk, terdapat vimain C sebanyak 50 miligram. Untuk buah jambu, mengandung 82,5 miligram vitamin C dalam seperempat buah jambu. Sedangkan untuk papaya, memiliki kandungan vitamin C sebanyak 47,5 miligram, da nada sebanyak 11 miligram dalam kandungan buah mangga.

Bukan hanya buah-buhan di atas, namun buah-buhan yang lainnya juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup, seperti buah pisang, tomat, stroberi, kiwi, dan anggur. Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin memberikan buah-buhan kepada si kecil, agar kebutuhan vitamin C si kecil bisa terpenuhi dengan baik.

Anda juga tidak perlu khawatir kalau si kecil akan kelebihan asupan vitamin C ketika si kecil banyak mengkonsumsi buah-buhan dalam jumlah yang banyak. Karena vitamin C merupakan jenis vitamin yang akan larut dalam air, sehingga jika si kecil kelebihan vitamin C dalam tubuhnya, akan dikeluarkan melalui urin.

Namun jika si kecil mengalami diare, mual serta gastritis setelah mengkonsusmi makanan yang memiliki kandungan vitamin C, maka itu artinya buah hati Anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C. Dan segeralah Anda konsultasikan keadaan tersebut kepada dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517