Variasi Menu MPASI Bayi 8 Bulan Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembangnya

Memberikan asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu hal yang penting guna menunjang tumbuh kembang si kecil. Pada usia 8 bulan, Anda sudah bisa memperkenalkan makanan padat yang lebih bervariasi. Menu MPASI 8 bulan yang bervariasi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan citarasa makanan yang bervariasi pada bayi.

Pada usia 8 bulan pergerakan bayi sudah semakin aktif sehingga kebutuhan nutrisinya akan meningkat lebih banyak dari sebelumnya. Dalam hal ini Anda harus lebih cermat untuk memilih jenis makanan bayi di usia 8 bulan. Kelengkapan nutrisi menjadi fokus penting mengingat bayi berada dalam tahap perkembangan.

Pada dasarnya MPASI bayi 8 bulan bisa berupa makanan yang memiliki tekstur lebih padat dan kasar. Hal ini mengingat sistem pencernaan bayi sudah semakin berkembang dengan sempurna untuk mencerna makanan.

Dalam menyajikan menu MPASI bayi 8 bulan sebaiknya Anda lebih mengutamakan jenis makanan seperti sayuran. Tingkatkan asupan sayuran yang beraneka ragam mengingat sayuran adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Selain mengatur jenis makanan yang akan diberikan pada bayi 8 bulan, Anda juga sebaiknya membuat jadwal makan untuk setiap harinya. Berikut rekomendasi jadwal pemberian MPASI untuk bayi 8 bulan:

Jam        Makanan/Minuman

07.00     Bubur Susu

10.00     Cemilan Buah Sehat

12.00     Tim Saring

16.00     Tim Saring

Mengingat bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan yang lebih padat maka pada tahapan ini Anda bisa memberikan tim saring. Selain itu, makanan pendamping ASI yang Anda berikan sudah bisa diberikan campuran rasa yang lebih bervariasi.

Pertumbuhan gigi pada bayi usia 8 bulan sudah mulai membaik sehingga perlahan-lahan si kecil sudah belajar untuk mengunyah makanan. Dengan perkembangan yang semakin pesat pada beberapa oragn tubuhnya maka hal ini juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan pencernaan si kecil.

Jenis makanan yang diberikan sudah bisa lebih bervariasi seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, ikan dan jenis makanan sehat lainnya. Namun dalam hal ini juga Anda harus memperhatikan kebersihan dan cara pengolahan makanan yang benar sehingga si kecil benar-benar memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya.

Pada usia 8 bulan, ada jenis buah yang sebaiknya tidak Anda berikan pada bayi yaitu buah yang mengandung serat tinggi dan alkohol seperti sirsak, nangka dan durian. Mengapa tidak boleh? Hal ini karena buah tersebut rentan menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi.

Berikut Ini Menu Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 8 Bulan Beserta Cemilan Yang Bisa Anda Sajikan

Resep Membuat Bubur Daging Beras Merah

Bahan:

  1. 100 gram daging cincang
  2. 50 gram beras merah
  3. 1 buah tomat cincang
  4. 450 ml air
  5. 50 gram bayam merah
  6. 50 gram wortel
  7. ½ sendok keju parut
  8. 1 sendok seledri cincang

Cara Membuat:

Pertama-tama rebus beras merah dengan air hingga beras benar-benar mengembang. Kemudian masukan tomat dan daging. Biarkan beberapa saat hingga mendidih. Setelah itu masukan wortel, seledri, bayam dan keju. Aduk hingga benar-benar rata atau tercampur. Segera sajikan pada bayi selagi masih hangat.

Resep Cemilan Sehat

Bahan:

  1. 2 sdm susu formula
  2. 1 buah pisang ukuran kecil, haluskan
  3. 200 ml air matang

Cara Membuat:

Seduh susu formula dengan air sebanyak 200 ml. Setelah itu campur dengan pisang yang sudah dihaluskan dan auk rata. Sajikan langsung pada bayi.

Demikian menu MPASI untuk bayi usia 8 bulan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517