Variasi Menu MPASI Bayi 8 Bulan

Variasi menu MPASI 8 bulan pastinya sangat berbeda dengan variasi makanan untuk anak yang masih berusia 6 bulan, dimana pada usia 6 bulan si kecil hanya dianjurkan untuk memakan bubur susu serta pisang yang telah di leburkan saja. Di usia 8 bulan, si kecil sudah mulai dikenalkan dengan makanan yang memiliki tekstur yang lebih keras dari bubur susu, misalkan seperti bubur tim serta nasi yang lembek. Bahkan di usia ini si kecil sudah bisa mulai diajarkan untuk mengkonsumsi nasi yang memang biasa di konsumsi oleh anggota keluarga, walaupun dalam jumlah yang masih sedikit.

Memang untuk resep MPASI 8 bulan harus sudah mulai divariasikan, agar si kecil tidak merasa bosan. Walaupun jenis makanannya masih bubur tim, namun untuk isi dan rasa sebaiknya di ubah-ubah. Misalkan untuk menu makan hari ini nasi tim dengan isian daging, besoknya nasi tim isi ikan, dan besoknya lagi isi tahu tempe. Dengan begitu si kecil tidak akan merasa bosan dengan makanan yang dihidangkan, dan nutrisi juga gizi yang dibutuhkan si kecil masih bisa terpenuhi.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengajarkan kepada si kecil cara untuk memegang makanan sendiri, seperti memegang biscuit sendiri dan beberapa makanan lainnya. Ajarkan cara ini sejak si kecil berusia 6 bulan.

Di bawah ini ada beberapa jenis variasi makanan bayi 8 bulan yang bisa Anda berikan kepada si kecil agar si kecil tidak merasa bosan dengan makanan yang Anda berikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk nasi tim, Anda bisa memvariasaikannya dengan cara mencampurkannya dengan sayuran, ikan, atau di campurkan dengan daging. Selain itu Anda juga bisa mencampurkannya dengan telur, tahu tempe dan masih banyak lagi. Untuk sayuran, Anda juga bisa mempariasikannya, karena sangat banyak pilihan sayuran yang memiliki manfaat yang tinggi serta mudah untuk di konsumsi si kecil.
  2. Selain nasi tim, Anda juga bisa memberikan si kecil kentang rebus yang divariasikan dengan sayuran atau bahkan ikan. Kentang memilih tekstur yang mudah untuk di haluskan, serta merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk diberikan kepada si kecil.
  3. Anda juga bisa memberikan si kecil bubur tepung kacang hijau yang dicampurkan dengan kaldu daging sapi ataupun kaldu daging ayam. Tepung ini juga sangat baik diberikan kepada anak atau bayi yang berusia 6 bulan.

Sebenarnya masih banyak lagi variasi makanan untuk bayi usia 8 bulan yang bisa Anda buat dengan tangan Anda sendiri, yang memang bisa memberikan manfaat yang lebih untuk pertumbuhan juga perkembangan si kecil. Untuk membuat makanan untuk bayi usia 8 bulan, Anda membutuhkan kekreatifan untuk mengolahnya. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan roti gandum untuk diberikan kepada si kecil, karena gandum juga merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk si kecil.

Related Posts

Share This